Kompas.com - 05/05/2015, 22:04 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com - Pemberontak Houthi menyerang kota Najran, Arab Saudi dengan melepaskan tembakan mortir, Selasa (5/5/2015). Serangan ini memicu koalisi pimpinan Arab Saudi untuk kembali menyerang posisi pemberontak Houthi di Yaman.

Stasiun televisi Al-Ekhbariya menayangkan kerusakan yang terjadi pada sederet mobil yang  tengah parkir, bongkahan batu terlempar dari trotoar, sebuah bangunan yang terkena pecahan mortir dan sebuah atap rumah yang berlubang besar.

Juru bicara koalisi Brigadir Jenderal Ahmed Assiri kepada Al-Ekhbariya mengatakan pemberontak Houthi secara serampangan menembaki kota Najran yang terletak tak jauh dari perbatasan Yaman.

Serangan serampangan itu, kata Brigjen Assiri, menghantam sejumlah rumah sakit, sekolah dan rumah-rumah penduduk. Akibat serangan ini, semua sekolah di kota Najran ditutup.

Serangan pemberontak Houthi itu juga menyebabkan semua penerbangan maskapai penerbangan Saudi Airlines dari dan menuju Najran dibatalkan. Demikian kabar yang disebar melalui akun Twitter Saudi Airlines.

"Pasukan udara dan darat akan merespon dengan cara yang tepat serangan yang membahayakan ini dan memastikan mereka tak akan mengulanginya," ujar Brigjen Assiri.

Assiri menambahkan, angkatan bersenjata Arab Saudi sudah mengerahkan sejumlah helikopter tempur Apache ke kawasan itu untuk menyerang para pemberontak Houthi.

Arab Saudi sebenarnya sudah memperkuat perbatasannya dengan mengerahkan pasukan artileri, tank dan pos penjagaan di puncak-puncak bukit untuk menghalangi semua serangan Houthi dari seberang perbatasan.

Pasukan darat Saudi sudah beberapa kali terlibat baku tembak dengan pemberontak Houthi di perbatasan Yaman dan helikopter-helikopter Saudi sudah beberapa kali menggelar operasi militer.

Pekan lalu, pasukan Saudi menewaskan puluhan anggota pemberontak Houthi yang menggelar serangan besar pertama mereka terhadap wilayah Saudi sejak serangan udara terhadap wilayah Yaman dimulai pada 26 Maret lalu.

Dalam baku tembak di dekat sebuah pos perbatasan di Najran itu, tiga tentara Saudi tewas. Serangan Houthi kali ini adalah yang pertama dilakukan terhadap kawasan berpenduduk di wilayah Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.