Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Pimpinan Saudi Daratkan Pasukan Khusus di Yaman

Kompas.com - 04/05/2015, 09:07 WIB
KOMPAS.com - Koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerilyawan Syiah Huthi di Yaman mendaratkan puluhan pasukan khusus di Aden, Minggu (3/5/2015). Itu merupakan  pengerahan pasukan darat pertama koalisi itu dalam pertempuran untuk menguasai negara termiskin di dunia Arab tersebut.

Koalisi itu membantah bahwa serangan darat besar sedang berlangsung, tetapi pasukan khusus itu terlibat dalam perang melawan orang-orang Huthi di bandara internasional Aden.

Saksi mata mengatakan pasukan koalisi berpakaian hitam ala militer dan dilengkapi persenjataan canggih. Helikopter tempur berputar-putar di atas area pendaratan pasukan khusus itu, antara daerah Al-Mansoura dan Bandara di Aden.

Arab Saudi meluncurkan serangan udara terhadap pemberontak Huthi yang didukung Iran mulai 26 Maret setelah pemberontak tersebut menguasai sebagian besar Yaman dan mendesak ke arah Aden, pelabuhan utama di Yaman selatan, tempat Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi mengungsi sebelum melarikan diri ke Arab Saudi. Orang-orang Huthi bergabung dengan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com