Kompas.com - 04/05/2015, 09:07 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi gerilyawan Syiah Huthi di Yaman mendaratkan puluhan pasukan khusus di Aden, Minggu (3/5/2015). Itu merupakan  pengerahan pasukan darat pertama koalisi itu dalam pertempuran untuk menguasai negara termiskin di dunia Arab tersebut.

Koalisi itu membantah bahwa serangan darat besar sedang berlangsung, tetapi pasukan khusus itu terlibat dalam perang melawan orang-orang Huthi di bandara internasional Aden.

Saksi mata mengatakan pasukan koalisi berpakaian hitam ala militer dan dilengkapi persenjataan canggih. Helikopter tempur berputar-putar di atas area pendaratan pasukan khusus itu, antara daerah Al-Mansoura dan Bandara di Aden.

Arab Saudi meluncurkan serangan udara terhadap pemberontak Huthi yang didukung Iran mulai 26 Maret setelah pemberontak tersebut menguasai sebagian besar Yaman dan mendesak ke arah Aden, pelabuhan utama di Yaman selatan, tempat Presiden Abdu Rabu Mansour Hadi mengungsi sebelum melarikan diri ke Arab Saudi. Orang-orang Huthi bergabung dengan pasukan yang setia kepada mantan Presiden Ali Abdullah Saleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.