Kompas.com - 01/05/2015, 06:20 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com - Satu lembaga kajian Amerika Serikat menyatakan gambar-gambar satelit yang diambil pada permulaan tahun ini mengisyaratkan Korea Utara kemungkinan menghidupkan kembali pembangkit nuklirnya.

The Institute for Science and International Security menyatakan gambar-gambar pembangkit Yongbyon memperlihatkan pola melelehnya salju yang mengisyaratkan kegiatan baru.

Pembangkit Yongbyon ditutup pada tahun 2007 tetapi dioperasikan kembali di tahun 2013.
Perundingan enam negara yang bertujuan untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara mengalami kebuntuan sejak permulaan tahun 2009.

Laporan lembaga kajian tersebut menyebutkan bahwa kajian pada akhir tahun 2014 memperlihatkan pembangkit di Yongbyon, di bagian barat Korea Utara itu, telah "ditutup atau sebagian ditutup".

Tetapi gambar-gambar yang lebih baru mengisyaratkan pembangkit "kemungkinan beroperasi pada tingkat rendah atau kadang-kadang" dihidupkan.

Selain pola salju meleleh, foto satelit juga memperlihatkan aliran air hangat keluar dari jalur pipa pembuangan reaktor di samping uap dari turbinnya. Kajian ini mengingatkan dunia bahwa program senjata nuklir Korea Utara belum berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.