Kompas.com - 30/04/2015, 04:07 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah memerintahkan eksekusi hukuman mati kepada 15 orang sepanjang tahun 2015 ini. Demikian menurut badan intelijen Korea Selatan.

Dalam rapat dengan parlemen hari Rabu (29/4/2015), badan ini menyatakan, para terpidana dieksekusi oleh regu tembak dengan tuduhan kegiatan mata-mata.

Dua orang di antaranya adalah menteri yang menentang kebijakan Kim Jong Un. Beberapa anggota orkestra Korea Utara juga termasuk yang dihukum.

Tak ada konfirmasi dari pihak Korea Utara terkait eksekusi ini.

"Pameran" Kim Jong Un

Menurut kantor berita Yonhap, salah seorang pejabat yang dieksekusi adalah Menteri Kehutanan yang mengeluhkan rencana kehutanan Korea Utara.

"Dalih atau debat tak bisa dilakukan dengan Kim Jong Un dan gaya pemerintahannya adalah memaksakan segala hal," kata Shing Kyung-min, seorang anggota parlemen Korea Selatan, yang mengutip seorang pejabat badan intelijen.

Shin menyatakan kepada kantor Reuters bahwa hukuman mati terhadap menteri itu adalah "pameran atau pesan terbuka" Kim Jong Un terhadap orang yang mempertanyakan wewenangnya.

Empat orang anggota Unhasu Orchestra juga dinyatakan telah dieksekusi pada bulan Maret lalu. Politisi Korea Selatan, Lee Cheol-woo, menyatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa pimpinan orkestra itu dihukum mati kemungkinan lantaran membocorkan rahasia keluarga.

Kim Jong Un pernah memerintahkan eksekusi hukuman mati kepada pamannya, yang pernah menjadi mentornya, atas tuduhan pengkhianatan pada tahun 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.