Kompas.com - 25/04/2015, 06:42 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry meminta kelompok pemberontak Houthi dan sekutunya untuk melakukan negosiasi. Dengan demikian, langkah ini diharapkan bisa mewujudkan perdamaian di Yaman yang saat ini dilanda konflik, dan diperparah akibat serangan Arab Saudi dan sekutunya ke wilayah Yaman.

"Ini harus berjalan dua arah," kata Kerry kepada wartawan saaat berada di Kanada, Jumat (24/4/2015).

Kerry juga mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi siap melangkah ke tahap bantuan kemanusiaan di Yaman, setelah bertubi-tubi melancarkan serangan udara.

"Kami juga berharap Houthi dan semua yang bisa memengaruhi mereka, untuk memastikan mereka siap lanjut ke meja perundingan," ujar Kerry.

PBB saat ini disebut sudah menunjuk fasilitator untuk memulai negosiasi damai. Kerry mengklaim kedua pihak yang bertikai di Yaman juga sudah siap untuk berdamai.

"Saat ini kuncinya adalah menjalankan pembicaraan secepat mungkin. Karena solusi politik sangat dibutuhkan," ujar mantan senator dari Massachusetts itu.

Sejumlah warga sipil memang menjadi korban akibat konflik di Yaman, yang diperparah dengan serangan Arab Saudi dan sekutunya.

"Prioritas utama adalah mengurangi itu," tutur Kerry. "Semoga dalam beberapa hari ke depan akan berkurang dan segera dilakukan perundingan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.