Kompas.com - 24/04/2015, 19:27 WIB
EditorErvan Hardoko
GENEVA, KOMPAS.com — Setidaknya 115 anak-anak tewas dan 172 lainnya menderita cacat dalam konflik bersenjata Yaman, terutama sejak koalisi pimpinan Arab Saudi menggelar serangan udara terhadap pemberontak Houthi pada 26 Maret lalu. Demikian keterangan badan PBB urusan anak-anak (Unicef), Jumat (24/4/2015).

"Kami yakin angka yang kami sampaikan ini adalah angka yang konservatif. Setidaknya 64 orang anak-anak yang tewas antara 26 Maret hingga 20 April adalah korban serangan udara," kata juru bicara Unicef, Christophe Boulierac, kepada jurnalis di Geneva, Swiss.

Unicef menambahkan, sebanyak 26 anak-anak tewas akibat bom dan ranjau, 19 lainnya tewas akibat luka tembakan, 3 orang tewas akibat pengeboman, dan 3 lainnya oleh sebab yang belum ditentukan.

"Sebanyak 71 anak-anak Yaman tewas di wilayah utara negeri itu dan 140 anak-anak direkrut oleh kelompok-kelompok bersenjata," kata Unicef.

Arab Saudi dan para sekutunya menggelar serangan udara pada akhir Maret lalu dalam upaya untuk mengembalikan kekuasaan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi yang terpaksa meninggalkan ibu kota Sana'a yang direbut pemberontak Houthi dukungan Iran.

Sebelumnya, pada Kamis (23/4/2015), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, sejauh ini konflik bersenjata Yaman sudah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan sebanyak 551 korban tewas di antaranya adalah warga sipil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.