Kompas.com - 24/04/2015, 16:00 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah konvoi kapal laut Iran yang diduga membawa senjata untuk pemberontak Houthi di Yaman telah berbalik arah dan meninggalkan perairan negara yang dikoyak perang itu. Demikian sejumlah pejabat Kementerian Pertahanan AS, Kamis (23/4/2015).

Kapal-kapal laut Iran itu diyakini berbalik arah setelah AS mengerahkan kapal induk USS Theodore Roosevelt dan sejumlah kapal perangnya ke peraiaran Yaman untuk mencegah Iran memasok persenjataan untuk pemberontak Houthi.

"Sebanyak sembilan kapal laut Iran tak lagi berada di rute sebelumnya, mereka kini berada di sebelah selatan Salalah, Oman," kata seorang pejabat Pentagon.

Konvoi kapal laut Iran itu, lanjut sang pejabat yang tak mau disebutkan namanya itu, termasuk dua kapal bersenjata. Dia melanjutkan, masih sangat mungkin kapal-kapal Iran itu sewaktu-waktu mengubah arahnya dan kembali menuju perairan Yaman.

"Konvoi kapal Iran itu bergerak lamban dan AS terus memantau kapal-kapal tersebut," tambah pejabat itu.

Sebanyak 12 kapal AL Amerika Serikat dikerahkan ke kawasan di sekitar Laut Merah dan Teluk Aden serta Laut Arab. Di antara ke-12 kapal itu terdapat sembilan kapal perang.

Kapal-kapal perang yang dikerahkan AS itu termasuk kapal induk USS Theodore Roosevelt yang mengangkut 5.000 orang kru dan 60 pesawat tempur, tiga kapal amfibi dan dua kapal penyapu ranjau.

Sementara tiga kapal lainnya adalah kapal pengangkut logistik untuk mendukung kesembilan kapal perang tersebut.

AS tidak terlibat langsung dalam operasi militer terhadap pemberontak Houthi. Namun, AS menyediakan dukungan intelijen dan logistik, termasuk pengisian bahan bakar di udara untuk jet-jet tempur koalisi pimpinan Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Al Arabiya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.