Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2015, 08:37 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Di balik proses penggarapan film Avengers: Age of Ultron yang sudah sangat dinanti oleh para penggemar pahlawan super di seluruh dunia, ada dua sosok animator Indonesia yang ikut dalam penggarapan animasinya, yaitu Rini Sugianto yang kini berdomisili di San Francisco, California, dan Ronny Gani yang saat ini tinggal di Singapura.

Tinggal di dua benua yang berbeda, keduanya bekerja di perusahaan yang sama, Industrial Light and Magic.

"Jadi, saya ikut gabung di tim Industrial Light and Magic di San Francisco mulai dari bulan November (2014) sampai bulan Februari (2015), ikutan untuk menggarap Avengers 2," kata Rini Sugianto.

"Sebelumnya, saya mengerjakan proyek lain yang sekarang masih diproduksi, dan baru kemudian bergabung ke tim animator Avengers: Age Of Ultron pada bulan Oktober 2014, dan ikut terlibat dalam pengerjaannya sampai bulan Maret 2015," ujar Ronny Gani yang sejak pertengahan bulan Maret mulai bekerja di perusahaan efek visual, Double Negative Singapore.
 
Sedikit kilas balik, ketika masih tinggal dan bekerja di Selandia Baru untuk perusahaan WETA Digital milik sutradara Peter Jackson, Rini juga ikut menggarap film Avengers yang pertama. Pengalaman tersebut telah membuatnya lebih familiar dengan karakter-karakter pada film kedua ini sehingga hal tersebut mempercepat proses animasinya.

"Jadi, kami enggak mulai dari awal lagi, enggak perlu develop untuk personality-nya lagi pada Avengers 2 ini," ujar Rini yang kini tengah ikut menggarap animasi untuk film Ted 2 di bawah Tippett Studio, San Francisco.

Adapun bagi Ronny, pengerjaan proyek film sekuel seperti Avengers: Age of Ultron ini memberikan tantangan tersendiri.

"Tantangan dari proyek-proyek sekuel adalah bagaimana menjaga konsistensi karakter-karakter di film karena, kesuksesan film yang pertama pastinya menciptakan fan base yang sangat luas di seluruh dunia, selain juga harus raise the bar even higher dari previous one," kata Ronny yang saat ini sedang sibuk menggarap animasi untuk film produksi Marvel, Ant-man.

Rini mengaku kaget melihat reaksi para fans yang sangat positif ketika trailer pertama dari film Avengers: Age of Ultron dirilis.

"Reaksi itu terutama datang dari penonton di Indonesia. Ternyata penggemar Avengers di Indonesia itu besar sekali, enggak menyangka. Jadi, begitu tahu, kaget juga," kata Rini sambil tertawa.

"Ternyata film ini ditunggu-tunggu, jadi pressure-nya lumayan tinggi untuk film ini," lanjutnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.