Kompas.com - 22/04/2015, 18:58 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Belum genap satu hari Arab Saudi mengumumkan penghentian serangan udara terhadap kelompok Houthi di Yaman, pada Rabu (22/4/2015), jet-jet tempur Saudi kembali menggempur Yaman.

Gempuran itu diarahkan kepada pasukan milisi Houthi yang merebut sebuah basis brigade militer di kota Taiz, wilayah tengah Yaman. Aksi kelompok Houthi itu langsung memicu kembali serangan udara Saudi dan sekutunya.

Pada Selasa (21/4/2015), Arab Saudi mengumumkan mengakhiri kampanye serangan udara yang sudah berlangsung selama satu bulan terhadap milisi Houthi yang kini menguasai sebagian besar wilayah Yaman.

Namun, Saudi menegaskan, serangan udara akan kembali dilakukan jika diperlukan dan mengumumkan kampanye militer baru yang diberi nama "Operasi Pemulihan Harapan".

Markas Brigade Lapis Baja ke-35 di kota Taiz jatuh ke tangan milisi Houthi setelah pertempuran sengit yang menewaskan dan melukai puluhan orang. Demikian keterangan seorang perwira AD Yaman kepada AFP.

Brigade tersebut adalah sisa-sisa pasukan yang loyal kepada Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang didukung Saudi. Hadi dan pasukannya telah melawan milisi Houthi selama sepekan terakhir ini.

Seorang perwakilan organisasi Bulan Sabit Merah Yaman mengatakan, tim medisnya tak bisa masuk ke kawasan pertempuran karena baku tembak yang terlalu sengit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.