Kompas.com - 20/04/2015, 18:30 WIB
|
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Gedung Kedutaan Besar RI (KBRI) di Sana'a, Yaman, rusak setelah terkena bom, Senin (20/4/2015) sekitar pukul 10.45 waktu setempat. Selain itu, bom mengakibatkan beberapa orang luka-luka.

"Serangan telah mengakibatkan terlukanya beberapa staf diplomat dan rusaknya Gedung KBRI serta semua kendaraan yang berada di dekat lokasi," ujar Juru Bicara Kemenlu RI Arrmanatha Nasir dalam keterangan pers, Senin.

Ia menjelaskan, ledakan tersebut mengakibatkan dua staf diplomat KBRI dan satu orang WNI terluka. Selain itu, sebanyak 17 WNI lainnya mengungsi.

Ketiga orang yang terluka telah mendapatkan pertolongan. Sementara itu, 17 WNI, yang terdiri dari staf KBRI, anggota tim evakuasi WNI, telah dievakuasi di Wisma Duta Besar RI, di kota Sana'a, untuk kemudian diarahkan ke Hudaidah.

Informasi awal yang diperoleh Kemenlu RI, ledakan bom tersebut awalnya ditujukan untuk meledakkan depo amunisi yang berada di kawasan dekat KBRI. Ledakan itu sendiri telah menewaskan warga sipil. Selain itu, kondisi jalan juga rusak akibat bom.

Kemenlu RI mengecam keras serangan tersebut. Pemerintah mendesak agar semua pihak menghentikan aksi kekerasan di Yaman.

Sebelumnya, Kepala Sub Direktorat Repatriasi dan Bantuan Sosial Kementerian Luar Negeri RI Aji Surya, seperti dilansir Antara, mengatakan, bom tersebut menghancurkan 90 persen dari Gedung KBRI. Dalam foto-foto yang dipublikasikan BBC Indonesia, bagian dalam gedung tampak porak-poranda.

KBRI YAMAN via BBC INDONESIA Kerusakan di Gedung KBRI di Sanaa, Yaman akibat ledakan bom.

 

KBRI YAMAN via BBC INDONESIA Kerusakan di Gedung KBRI di Sanaa, Yaman akibat ledakan bom.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.