Kompas.com - 19/04/2015, 12:56 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com — Harian milik Pemerintah Korea Utara, Minggu (19/4/2015), mengabarkan pemimpin negeri itu, Kim Jong Un, berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di negeri tersebut, Gunung Paektu, untuk memberi wejangan kepada para prajurit.

Harian Rodong juga memuat foto Kim Jong Un tersenyum lebar saat berdiri di puncak gunung yang berselimutkan salju, sementara matahari terlihat terbit di belakangnya.

"Mendaki Gunung Paektu membutuhkan keteguhan mental yang jauh lebih kuat dibanding senjata nuklir mana pun," demikian harian Rodong mengutip Kim Jong Un.

Kabar yang dimuat harian pemerintah ini menambah panjang daftar kisah-kisah luar biasa seputar dinasti Kim yang sudah menguasai Korea Utara selama lebih dari enam dekade.

Pekan lalu, Pemerintah Korea Utara mengatakan, Kim Jong Un sudah bisa mengemudikan mobil sejak berusia tiga tahun, sedangkan mendiang ayahnya, Kim Jong Il, disebut pernah mencetak 11 kali hole in one saat pertama kali bermain golf.

Gunung Paektu yang berketinggian 2.750 meter dari permukaan laut itu terletak di perbatasan dengan China. Bagi rakyat Korea Utara, gunung ini merupakan tempat keramat dan memainkan peran penting dalam berbagai propaganda terkait keluarga Kim.

Menurut Pemerintah Korea Utara, Kim Jong Il lahir di gunung itu meski banyak sejarawan menyebut ayah Kim Jong Un itu lahir di Rusia.

Sementara itu, kantor berita KCNA mengabarkan, Kim Jong Un mendaki gunung tersebut pada Sabtu (18/4/2015) pagi bersama dengan ratusan pilot tempur negeri itu dan sejumlah perwira tinggi militer dan petinggi partai.

Kim Jong Un, seperti halnya para pemimpin Korea Utara sebelumnya, kerap melakukan perjalanan ke sejumlah pabrik, basis militer, dan lokasi-lokasi "keramat" di berbagai penjuru negeri yang disebut sejumlah pengamat dilakukan untuk menancapkan citra diri sebagai seorang pemimpin yang energik dan tak kenal lelah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.