Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megahnya "Royal Wedding" Pangeran Brunei...

Kompas.com - 14/04/2015, 04:49 WIB

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com — Pangeran Abdul Malik (31), putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, melangsungkan pernikahan dengan Dayangku Raabi Atul 'Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22), pada Minggu (12/4/2015). Pesta mewah pun digelar untuk merayakan Royal Wedding Brunei di Istana Nurul Iman.

Nuansa emas menghiasi pesta pernikahan di istana yang memiliki 1.788 kamar megah tersebut.

Olivia Harris/Reuters Sepatu karya Christian Louboutin yang digunakan Dayangku Raabi Atul 'Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22) di Royal Wedding Brunei

Pangeran Abdul Malik terlihat mengenakan balutan pakaian berwarna emas dan berhiaskan bermacam tanda kebesaran sebagai aksesori. Sementara pengantin perempuan terlihat mengenakan kalung yang bersemat perhiasan, sepatu berkilau emas karya desainer Perancis Christian Louboutin, sambil memegang buket permata.

Keduanya duduk di Alat Kebesaran Diraja, singgasana megah yang juga serba berwarna emas. Dekorasi yang digunakan pun tidak sembarangan karena hanya digunakan dalam pernikahan anggota kerajaan Brunei.

Pemandangan ini tentu memukau undangan yang hadir di aula istana yang mampu menampung hingga 5.000 tamu itu.

Abdul Malik merupakan anak keenam dari pernikahan Sultan Hassanal Bolkiah dengan istri pertamanya. Adapun Raabi Atul diketahui sebagai mantan peserta Miss Muslimah Brunei dan Miss World Muslimah. Berprofesi sebagai analis sistem data dan instruktur TI, Raabi Atul juga merupakan putri dari bangsawan Brunei.

Resepsi yang berlangsung pada Minggu (12/4/2015) merupakan puncak dari rangkaian acara Royal Wedding Brunei. Sebelumnya, rangkaian acara yang digelar selama 11 hari itu dimulai dengan lamaran pada Minggu (5/4/2015) dan diakhiri pembacaan doa pada Rabu (15/4/2015).

REUTERS Royal Wedding Brunei, pernikahan Pangeran Abdul Malik (31) dengan Dayangku Raabi Atul 'Adawiyah Pengiran Haji Bolkiah (22) di aula Istana

Belum diketahui berapa dana yang sudah dikeluarkan untuk pernikahan ini. Namun, sebagai gambaran, pada tahun 2012 lalu, pernikahan putri Sultan Hassanal Bolkiah, Hafizah Sururul Bolkiah, menghabiskan dana hingga 20 juta dollar AS.

Brunei memang dikenal sebagai negara makmur berkat penghasilan minyak dan gasnya. Sultan Hassanal Bolkiah juga dianggap sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com