Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita 65 Tahun dengan 13 Anak Kini Hamil Bayi Kembar 4

Kompas.com - 13/04/2015, 10:29 WIB
BERLIN, KOMPAS.com - Seorang perempuan 65 tahun dari Berlin, Jerman, yang sudah punya 13 anak kini tengah hamil lagi. Televisi Jerman, RTL, melaporkan Minggu (12/4/2015) bahwa perempuan bernama Annegret Raunigk itu sedang mengandung bayi kembar empat.

Menurut televisi tersebut, kehamilan guru bahasa Rusia dan Inggris itu menyusul beberapa upaya inseminasi buatan selama satu setengah tahun.

RTL dalam situsnya melaporkan, Raunigk memutuskan untuk mencoba punya anak lagi karena putri bungsunya, yang berusia sembilan tahun, menginginkan seorang adik.  Saluran televisi itu mengatakan, pihaknya akan menyiarkan wawancara dengan ibu yang sedang hamil itu, yang sudah memiliki tujuh cucu, pada Senin malam dan berencana untuk memantau dia selama kehamilannya dan sesudah itu.

Laporan itu menyebutkan bahwa kehamilan Raunigk sejauh ini tanpa komplikasi berarti dan jika semuanya berjalan lancar, bayi-bayi itu akan lahir pada musim panas mendatang dan akan menjadikan Raunigk sebagai ibu tertua di dunia yang melahirkan bayi kembar empat.

Harian Jerman bertiras besar Bild am Sonntag melaporkan kehamilan itu di halaman muka. Harian itu mengutip reaksi pertama Raunigk, yang putri tertuanya dilaporkan sudah berusia 44 tahun, saat dokter kandungan memberitahukan kabar tentang bayi kembar empat itu. "Tentu saja itu mengejutkan saya. Setelah dokter tahu ada empat bayi, saya berusaha menerima itu," kata perempuan itu sebagaiaman dikutip Bild. Ia menambahkan bahwa dirinya tidak mempertimbangkan opsi untuk mengurangi jumlah embrio.

Pada saat perempuan lain seusianya mempersiapkan diri untuk pensiun dan mengerjakan hal-hal yang lebih ringan, Raunigk menunjukkan dia tidak keberatan dengan tantangan yang ada.  "Saya benar-benar tidak takut. Saya hanya berasumsi saya akan tetap sehat dan fit. Dalam masalah organisasi saya punya pengalaman yang cukup, itu bukan hal baru bagi saya," katanya.

Ditanya tentang persoalan moral, RTL mengutip dia saat bertanya, "Bagaimana seseorang harus berada (bersikap) di usia 65 tahun? Orang rupanya harus selalu sesuai dengan sejumlah klise yang saya temukan agak melelahkan. Saya pikir, orang harus memutuskan untuk diri mereka sendiri."

Dokter kandungannya, Kai Hertwig, yang dikutip situs RTL menjelang siaran pada Senin mengatakan bahwa kehamilan bayi kembar empat selalu membuat tegang tetapi saat ini semuanya berjalan dengan baik. Dokter itu mengatakan, risiko terbesar bagi bayi-bayi itu adalah terlahir prematur dan para dokter melakukan semua yang mereka bisa untuk mencegah hal itu.

Raunigk menjadi berita utama 10 tahun lalu, ketika ia melahirkan anaknya yang ke-13, yaitu Lelia, di usia 55 tahun. "Pada awalnya, saya hanya ingin punya satu anak," katanya saat itu sebagaimana dikutip Bild. "Tidak semuanya direncanakan, tetapi kemudian sesuatu terjadi. Saya bukan perencana, tetapi lebih spontan ... dan anak-anak membuat saya muda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com