Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Palang Merah Kembali Membawa Bantuan ke Ibu Kota Yaman

Kompas.com - 12/04/2015, 04:08 WIB


SANAA, KOMPAS.com
- Pesawat yang mengangkut bantuan medis mendarat di ibu kota Yaman, Sanaa, Sabtu (12/4/2015). Pesawat tersebut membawa pasokan bantuan kemanusiaan dari Komite Internasional Palang Merah (ICRC). 

"Muatan terbaru sebesar 35,6 ton, di mana 32 ton adalah bantuan medis dan sisanya adalah alat penjernih air, pembangkit tenaga listrik, dan tenda," kata juru bicara ICRC Marie Claire Feghali yang dilaporkan AFP.

Ini merupakan upaya pengiriman bantuan kedua kali yang berhasil masuk Sanaa sejak pertempuran antara pemberontak Syiah Houthi dengan koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Sebelumnya, ICRC dan PBB mengirimkan pesawatnya masing-masing ke Sanaa pada Jumat, dan membawa 16 ton obat-obatan dan peralatan-peralatan.

PBB telah menyerukan jeda kemanusiaan harian dalam beberapa jam agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Yaman.

Pada Rabu, dua kapal bantuan kemanusiaan juga telah tiba di Aden dengan membawa perlengkapan dan personel untuk menolong orang-orang yang terjebak dan terluka dalam pertempuran yang sedang berlangsung.

Pemberontak Houthi yang didukung Iran telah menduduki sebagian wilayah di Yaman sejak mereka memasuki Sanaa September 2014. Puncaknya, mereka merangsek ke pusat pemerintahan sehingga Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi terpaksa meninggalkan negara di Semenanjung Arab tersebut.

Konflik di Yaman semakin memanas setelah Arab Saudi memimpin operasi militer sejak 26 Maret 2015 untuk membantu Pemerintah Yaman memukul mundur pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com