Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary Clinton Akan Maju Lagi sebagai Calon Presiden Amerika Serikat

Kompas.com - 11/04/2015, 05:12 WIB

KOMPAS.com — Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada hari Minggu (12/4/2015), kata berbagai laporan media Amerika Serikat.

Clinton diduga akan mengumumkannya di media sosial.

Perempuan berusia 67 tahun ini lalu akan melakukan perjalanan ke Iowa dan New Hampshire untuk mengikuti dua pemilihan pendahuluan (primary) dalam pemilihan presiden tahun 2016.

Mantan ibu negara ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008 dan kini dipandang sebagai seorang calon kuat untuk Partai Demokrat.

Clinton diduga akan meluncurkan sebuah video yang menggarisbawahi tema kampanyenya, tetapi mungkin tidak akan memberikan pidato resmi yang panjang.

Baru-baru ini Clinton dikritik karena menggunakan alamat e-mail pribadi untuk melakukan tugasnya sebagai menteri luar negeri dan karena memiliki asisten pribadi yang memutuskan e-mail yang mana yang boleh diberikan untuk dimasukkan ke dalam catatan publik.

Clinton ikut aktif dalam dunia politik ketika ia menjadi ibu negara saat suaminya, Bill Clinton, menjabat sebagai presiden dalam dua masa jabatan dan kemudian menjadi anggota senat AS selama beberapa tahun.

Tahun 2008, ia dikalahkan Presiden Barack Obama dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Obama kemudian menunjuknya sebagai menteri luar negeri, jabatan yang dipegangnya sampai tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com