Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Minta Akses ke Kamp Pengungsi Palestina yang Diserang ISIS

Kompas.com - 07/04/2015, 09:29 WIB
KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB menyerukan akses kemanusiaan sesegera mungkin ke kamp pengungsi Palestina di Yarmouk, di ibukota Suriah Damaskus.

Diperkirakan 18.000 orang terjebak setelah kelompok milisi yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS memasuki kamp tersebut pekan lalu, memicu bentrok dengan orang-orang Palestina yang mencoba mempertahankan diri.

Dalam serangan yang dilancarkan pada 1 April ini, ISIS menguasai wilayah yang cukup besar dari areal yang diperuntukkan bagi para pengungsi Palestina tersebut.

Presiden Dewan Keamanan, yang juga duta besar Jordania untuk PBB Dina Kawar, mengatakan para anggota Dewan Keamanan mengutuk sekeras-kerasnya tindak kejahatan yang dilakukan oleh milisi ISIS dan Front al-Nusra di Yarmouk.

Kawar mengatakan semua pihak harus memastikan keselamatan dan perlindungan semua warga sipil di kamp.

"Kelima belas anggota Dewan Keamanan menyerukan perlindungan warga sipil di pengungsian untuk memastikan akses kemanusiaan, termasuk memberikan bantuan yang bersifat vital," kata Kawar.

Usai pertemuan ia mengatakan kepada para wartawan bahwa Dewan Keamanan mempertimbangkan 'langkah-langkah lain untuk membantu' para pengungsi Palestina di kamp Yarmouk, namun ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com