Kompas.com - 07/04/2015, 09:29 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB menyerukan akses kemanusiaan sesegera mungkin ke kamp pengungsi Palestina di Yarmouk, di ibukota Suriah Damaskus.

Diperkirakan 18.000 orang terjebak setelah kelompok milisi yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS memasuki kamp tersebut pekan lalu, memicu bentrok dengan orang-orang Palestina yang mencoba mempertahankan diri.

Dalam serangan yang dilancarkan pada 1 April ini, ISIS menguasai wilayah yang cukup besar dari areal yang diperuntukkan bagi para pengungsi Palestina tersebut.

Presiden Dewan Keamanan, yang juga duta besar Jordania untuk PBB Dina Kawar, mengatakan para anggota Dewan Keamanan mengutuk sekeras-kerasnya tindak kejahatan yang dilakukan oleh milisi ISIS dan Front al-Nusra di Yarmouk.

Kawar mengatakan semua pihak harus memastikan keselamatan dan perlindungan semua warga sipil di kamp.

"Kelima belas anggota Dewan Keamanan menyerukan perlindungan warga sipil di pengungsian untuk memastikan akses kemanusiaan, termasuk memberikan bantuan yang bersifat vital," kata Kawar.

Usai pertemuan ia mengatakan kepada para wartawan bahwa Dewan Keamanan mempertimbangkan 'langkah-langkah lain untuk membantu' para pengungsi Palestina di kamp Yarmouk, namun ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.