Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan AS Kini Menjadi Orang Tertua di Dunia

Kompas.com - 03/04/2015, 16:08 WIB


Seorang perempuan dari Arkansas, bagian selatan Amerika Serikat, sekarang tercatat menjadi orang yang paling tua di dunia.

Gertrude Weaver lahir pada 4 Juli 1898 yang artinya akan genap berusia 117 tahun tanggal 4 Juli 2015. Ia punya harapan bisa panjang umur dan menghendaki Presiden AS Barack Obama datang merayakan ulang tahun bersamanya.

Pada suatu kesempatan, Weaver pernah mengatakan rahasia usia panjang adalah memperlakukan setiap orang dengan hati baik.

"Perlakukan orang dengan benar dan baik seperti Anda ingin diperlakukan orang lain," katanya dalam wawancara dengan Time.

Saat ini, Weaver tinggal di panti jompo Silver Oaks Health and Rehabilitation di Camden, Arkansas. Perkembangan kesehatannya juga dipantau pada peneliti di divisi supercentenarian yang meneliti orang-orang yang berumur lebih dari seabad di Gerontology Research Group.

Sehari-hari, Weaver sangat menikmati aktivitasnya meski harus dibantu kursi roda. Ia juga menikmati manikur, mendalami Injil, dan meninkmati pentas musik oleh kelompok paduan suara sekolah atau gereja di sekitar tempat tinggalnya.

Weaver yang sekarang telah melewati usia 116 tahun menjadi prang tertua di dunia sejak Rabu (1/4/2015) setelah meninggalnya Misao Okawa dari Osaka, Jepang, pada usia 117 tahun.(Baca: Orang Tertua di Dunia Meninggal di Usia 117 Tahun).

Okawa meninggal dunia di panti jompo tempat ia dirawat selama ini. Orang-orang terdekat menyatakan Okawa meninggal dunia dengan damai seolah-olah hanya tertidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com