Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goodluck Jonathan Telpon Muhammadu Buhari Akui Kekalahan di Pemilu Nigeria

Kompas.com - 01/04/2015, 04:15 WIB

KOMPAS.com - Calon presiden incumbent, Goodluck Jonathan dikabarkan menelpon Muhammadu Buhari sembari mengakui kekalahannya dalam pemilihan presiden Nigeria. Hal itu dikatakan oleh partai pengusung Buhari.

Juru bicara partai Garba Shehu memastikan Goodluck Jonathan melakukan komunikasi telpon tersebut.

Komisi Pemilihan Umum masih melakukan penghitungan, namun dari angka-angka terakhir memperlihatkan keunggulan yang cukup signifikan mantan pemimpin militer Nigeria, Muhammadu Buhari.

Adapun Buhari pernah menjabat pada akhir 1983 hingga Agustus 1985 setelah menggulingkan pendahulunya dalam kudeta militer. Pemerintahannya yang hanya berumur 20 bulan digambarkan beberapa pihak sebagai "Perang melawan indisipliner", rezim yang cukup keras dan merusak hak asasi manusia.

Pensiunan jendral berusia 72 tahun ini memiliki pengalaman militer yang dianggap memiliki sisi positif dan negatif dengan situasi di Nigeria saat ini. Pemberontak Boko Haram menjadi beban yang sulit diselesaikan oleh pemerintahan saat ini. Adapun dalam kampanyenya, Buhari menyebut akan fokus dalam hal keamanan dan memberantas korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com