Kompas.com - 29/03/2015, 01:07 WIB
EditorErvan Hardoko
MOGADISHU, KOMPAS.com - Pasukan Somali sepanjang Sabtu (28/3/2015) malam, berjuang keras untuk mengakhiri penyanderaan sebuah hotel di ibu kota Mogadhishu oleh kelompok militan Al-Shabab yang secara total menewaskan 14 orang.

Dalam insiden itu, Duta Besar Somalia untuk Swiss Yusuf Bari-Bari termasuk korban tewas dalam serangan yang terjadi pada Jumat (27/3/2015) terhadap hotel Maka al Mukarama yang biasa digunakan para politisi, diplomat dan pebisnis untuk menginap.

Serangan itu terjadi ketika para pejabat pemerintah Somalia yang didukung Barat itu sedang menggelar pertemuan di hotel yang terletak di jalan arteri yang menghubungkan istana presiden dan bandara..

Polisi mengatakan sebanyak lima anggota Al-Shabab yang menyerbu lantai pertama hotel itu tewas di tangan pasukan keamanan.

"Sebanyak 14 orang tewas dan 13 lainnya terluka dalam serangan itu. Para teroris menyerang hotel dengan menggunakan sebuah mobil penuh peledak, sementara lima atau enam teroris menyerang tempat para diplomat dan pemimpin bertemu," kata Menteri Informasi Somalia Mohamed Abdi Heyr Mareye.

Al-Shabab, yang kerap melakukan serangan terhadap ibu kota sebagai upaya mereka menggulingkan pemerintahan yang didukung Barat dan Uni Afrika, mengklaim berada di belakang serangan tersebut.

Juru bicara kepolisian Somalia Kassim Ahmed Roble mengatakan meski situasi sudah terkendali namun baku tembak masih terjadi. Kassim mengatakan Al-Shabab memutuskan aliran listrik hotel sehingga membuat serangan balik pasukan Somalia yang didukung pasukan Uni Afrika semakin sulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.