Kompas.com - 22/03/2015, 16:14 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Jumlah peminta suaka ke negara-negara Uni Eropa melonjak 44 persen tahun lalu atau mencapai sekitar 626.000.

Data dari Eurostat, kantor statistik Uni Eropa, menunjukkan permintaan paling banyak berasal dari pengungsi Suriah. Di Jerman dan Swedia saja, lebih dari 70.000 orang Suriah meminta suaka. Tahun lalu terdapat 122.800 peminta suaka dari Suriah, naik dari 50.000 tahun sebelumnya.

Pencari suaka terbanyak berikutnya adalah para imigran Afganistan dengan 41.300 orang, disusul dari Kosovo dengan 37.900 orang dan separuhnya mencari suaka di Hongaria.

Sementara itu Uni Eropa sedang bersiap untuk mencegat lagi pengungsi di Laut Tengah. Menjelang musim panas, arus pengungsi diperkirakan akan deras datang ke Eropa lewat laut, terutama dari zona-zona konflik di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Mesir dan Tunisia telah menawarkan bantuan kepada Uni Eropa untuk membawa para pengungsi yang dicegat ke pelabuhan-pelabuhan mereka.

Sejumlah organisasi HAM – termasuk Dewan HAM PBB, Amnesty International dan Human Rights Watch – sudah mengecam Uni Eropa karena tidak mengizinkan masuk lebih banyak pengungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.