Kompas.com - 18/03/2015, 17:17 WIB
EditorErvan Hardoko
JERUSALEM, KOMPAS.com - Penantang utama PM Benyamin Netanyahu dari kelompok kiri-tengah Isaac Herzog, Rabu (18/3/2015), mengakui kemenangan rivalnya itu dalam pemilihan umum Israel dan langsung ucapkan selamat.

"Beberapa menit lalu, saya berbicara dengan perdana menteri (Netanyahu) dan saya mengucapkan selamat atas kemenangannya dan mendoakan yang terbaik baginya," ujar Herzog kepada sejumlah media di luar kediamannya.

Pernyataan Herzog ini menyusul kemenangan mengejutkan Benyamin Netanyahu dalam pemilihan umum Israel. Partai Likud yang mengusung Netanyahu, menjelang akhir penghitungan suara sudah merebut 30 dari 120 kursi di parelemen Israel, Knesset.

Sedangkan partai Zionist Union, yang mengusung Isaac Herzog, menguntit dengan 24 kursi parlemen. Awalnya, perolehan suara Likud dan Zionist Union sempat bertarung ketat namun semua berubah di penghujung penghitungan suara.

"Tanpa disangka kami berhasil memberikan kemenangan untuk Likud, untuk bangsa dan rakyat Israel," ujar Netanyahu saat membacakan pidato kemenangannya di Tel Aviv.

Dengan kemenangan ini Netanyahu berjanji segera membentuk pemerintahan dalam beberapa pekan mendatang. Netanyahu juga sudah betremu dengan para pemimpin partai sayap kanan dan partai agama bahwa dia membutuhkan dukungan untuk membentuk koalisi utama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.