Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pesawat Aerobatik TNI AU Serempetan di Udara Sebelum Jatuh

Kompas.com - 15/03/2015, 14:37 WIB
LANGKAWI, KOMPAS.com — Dua pesawat tim aerobatik Jupiter TNI AU Indonesia jatuh dalam sebuah sesi latihan pada pameran Langkawi International Maritime dan Aerospace (LIMA) 2015, di Malaysia, Minggu (15/3/2015) sore.

Dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat itu (atau pukul 13.00 WIB), dua pesawat KAI KT-1B Woongbi itu dikatakan berserempetan di udara sebelum akhirnya jatuh dan terbakar. Gumpalan asap terlihat di lokasi kecelakaan di dekat Bandara Internasional Langkawi.

Tim pencari pun bergegas ke tempat kejadian untuk menyelamatkan para pilot.

Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basyah telah membenarkan kejadian tersebut. "Info benar dan lain-lain masih didalami," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (15/3/2015), merujuk ke informasi yang beredar di media sosial. Dia tak bersedia memaparkan lebih lanjut mengenai insiden tersebut, tetapi Fuad memastikan bahwa para pilot kedua pesawat itu selamat.

Media Malaysia, The Star, yang mengutip seorang saksi mata melaporkan, kedua pilot pesawat itu terlihat terlontar dari pesawat sebelum pesawat mereka jatuh. Saksi mata bernama Markus Chong itu mengatakan, "Dua pesawat yang bertabrakan berasal dari Jupiter Aerobatic Team. Kedua pilot terlontar. Mudah-mudahan tidak ada yang cedera," katanya dalam posting-an di Facebook.

Menurut laporan New Sunday Times, salah satu pesawat jatuh di dalam perimeter Bandara Internasional Langkawi. Sementara yang satunya lagi jatuh di dekat atau di sebuah desa di pinggiran bandara.

Masih menurut New Sunday Times, kecelakaan tersebut terjadi hanya beberapa jam sebelum para menteri pertahanan semua negara anggota ASEAN dijadwalkan tiba di Langkawi untuk pertemuan dua hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com