Kompas.com - 13/03/2015, 14:16 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan Peshmerga Kursi membentuk sebuah brigade reguler Kristen Irak pertama  pada Kamis (12/3/2015), untuk membantu upaya merebut kembali kota dan desa-desa yang diduduki Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Brigade baru ini akan berada di bawah kendali pemerintah wilayah otonomi Kurdi, di mana pasukan Peshmerga memainkan peranan penting dalam perang melawan ISIS.

Sebagian besar umat Kristen Irak tinggal di provinsi Nineveh, di kawasan antara "ibu kota" ISIS, Mosul dan ibu kota Kurdi, Erbil, sebelum kawasan itu dikuasai kelompok militan tersebut tujuh bulan lalu.

"Sebanyak 600 saudara-saudara Kristen kami dari Nineveh bergabung dengan Peshmerga. Saat ini mereka sedang berlatih fisik, ilmu kemiliteran dan menembak," kata Abu Bakr Ismail, komandan pusat akademi Peshmerga.

"Semua peserta adalah sukarelawan dan ingin membebaskan tanah leluhur mereka dari cengkeraman ISIS dan melindunginya," ujar Ismail yang berpangkat mayor jenderal itu.

Brigade baru ini nantinya akan diberi nama "Para Penjaga Harimau" dan dibangun dari sisa-sisa milisi Assiria yang dibentuk pada 2004 untuk melindungi berbagai gereja di kawasan itu.

Secara tradisional umat Kristen Irak tak memiliki milisi bersenjata yang kuat dan selama ini memilih untuk tidak terlibat dalam konflik sektarian di Irak satu dekade lalu.

Sekitar 100.000 warga Kristen Irak mengungsi setelah ISIS menguasai sebagian wilayah Irak Utara. Namun, mereka yang tidak mengungsi memilih mengangkat senjata menghadapi ISIS.

Sejumlah milisi Kristen juga terbentuk di wilayah utara Irak dalam beberapa bulan terakhir. Mereka tidak berada di bawah kendali Peshmerga namun didukung oleh pemerintah Kurdistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.