Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Fifty Shades of Grey" Tak Lolos Sensor di India

Kompas.com - 05/03/2015, 18:25 WIB
MUMBAI, KOMPAS.com - Badan sensor India, Kamis (5/2/2015), mengatakan melarang rilis film kontroversial "Fifty Shades of Grey" meski distributor film menawarkan versi lebih "lembut" dari film erotis tersebut.

Kepala Badan Pusat Sertifikasi Film (CBFC)India yang sangat berkuasa mengatakan film buatan Amerika Serikat itu tidak lolos sensor namun bisa mencoba kembali.

"Film itu tidak lolos sensor, namun bukan pertama kali sebuah film tak lolos sensor dalam langkah pertama," kata Kepala CBFC Shravan Kumar kepada kantor berita Press Trust of India (PTI).

"Tema film itu yang membuatnya tak lolos. Dalam fase kedua anggota komite yang lebih banyak akan mengevaluasi film tersebut," lanjut Kumar.

Seorang sumber di Universal Pictures mengatakan film tersebut tak lolos sensor di India setelah kalah dalam pemungutan suara dengan kedudukan 4-1. Sumber itu mengatakan versi film yang ditayangkan untuk komite sensor sudah diperlembut dengan sejumlah adegan telanjang dihilangkan.

"Langkah kami selanjutnya adalah membawa film ini ke komite revisi. Penundaan ini jelas merugikan kami dan mendorong pembajakan," ujar sumber yang tak ingin disebutkan namanya itu.

Meski mendapat kritik beragam, film erotis yang menceritakan kisah hubungan miliarder Christian Grey (Jamie Dornan) dengan seorang mahasiswi penggemar sadomasokisme Anastasia Steele (Dakota Johnson) menjadi salah satu film terlaris di dunia saat ini.

Film yang didasari novel karya penulis Inggris EL James yang terbit pada 2011 itu mejadi yang terlaris pada Februari di Amerika Utara namun di beberapa negara film ini dilarang diputar.
Sementara novel yang mendasari film ini juga merupakan buku yang sangat digemari dengan catatan penjualan mencapai 100 jutu kopi hingga saat ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com