Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2015, 13:42 WIB
EditorEgidius Patnistik
VIENNA, KOMPAS.com  Vienna, ibu kota Austria yang elegan di tepi Sungai Danube, kembali terpilih menjadi kota yang menawarkan kualitas hidup terbaik di dunia. Baghdad, sekali lagi, menjadi kota terburuk untuk ditinggali.

Perusahaan konsultansi Mercer mengatakan, kota-kota Jerman dan Swiss juga menunjukkan kinerja baik dalam pemeringkatan kualitas hidup yang dikeluarkan setiap tahun itu. Zurich, Munich, Duesseldorf, dan Frankfurt tetap ada dalam 10 besar.

Survei Mercer membantu perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi untuk menentukan kompensasi dan tunjangan "kesusahan" untuk staf internasional. Survei tersebut menggunakan puluhan kriteria, seperti stabilitas politik, layanan kesehatan, pendidikan, tingkat kejahatan, rekreasi, dan transportasi.

Dengan populasi 1,7 juta, Vienna ada di tempat teratas untuk enam tahun berturut-turut karena percaturan budaya yang dinamis serta layanan kesehatan komprehensif dan biaya perumahan yang moderat.

Sistem transportasi publik yang ekstensif di ibu kota Austria itu hanya berharga 1 euro (Rp 14.500) per hari untuk kartu tahunan. Kedai-kedai kopi, arsitektur, istana, opera, dan lembaga-lembaga budaya dari era Habsburg membuatnya menjadi tujuan pariwisata utama.

Eropa memiliki tujuh dari 10 kota teratas dalam survei 2015 tersebut. Selandia Baru, Australia, dan Kanada masing-masing memiliki satu kota di 10 besar.

Ibu kota Irak, Baghdad, kembali mendapat peringkat terbawah di dunia. Gelombang kekerasan sektarian telah menyapu kota itu sejak invasi yang dipimpin Amerika pada 2003.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.