Kompas.com - 26/02/2015, 19:50 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Berdasarkan informasi yang didapatkan BBC, sosok pria yang tampil di video-video pemenggalan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah diungkap oleh aparat keamanan dan intelijen Inggris.

Pria yang selalu tampil dengan pakaian hitam dan hanya tampak kedua matanya itu selama ini hanya disebut dengan nama "Jihadi John" oleh media Barat karena fasih berbahasa Inggris.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BBC, pria ini bernama Mohammed Emwazi, berasal dari London barat dan tercatat sebagai warga negara Inggris.

Emwazi bukan nama asing bagi badan intelijen Inggris. Namun, dalam beberapa bulan ini para pejabat intelijen memilih untuk tidak mengumumkan namanya agar tidak mengganggu jalannya penyelidikan.

Ia diyakini melakukan perjalanan ke Somalia pada 2006 dan diduga terlibat dalam kegiatan kelompok militan Al Shabab. Emwazi, yang diperkirakan berusia antara 20-30 tahun, pertama kali tampil di video pemenggalan wartawan Amerika Serikat, James Foley, yang dikeluarkan ISIS pada Agustus 2014.

Emwazi juga tampil dalam video pemenggalan sandera ISIS lain, seperti Alan Henning dan David Haines. Bulan lalu ia tampil di video yang memperlihatkan dua sandera Jepang, Haruna Yukawa dan Kenji Goto, sebelum keduanya dibunuh.

Kawan-kawan Emwazi kepada harian The Washington Post mengatakan bahwa Emwazi berasal dari keluarga berada dan mengambil jurusan komputer saat duduk di bangku perguruan tinggi. Menurut koran terbitan AS ini, Emwazi pergi ke Suriah pada 2012 dan kemudian bergabung dengan ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.