Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Korsel Sebut Bibi Kim Jong Un Masih Hidup

Kompas.com - 24/02/2015, 19:39 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Bibi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang lama absen dari publik sejak suaminya dieksekusi dikabarkan dalam keadaan hidup. Demikian dinas intelijen Korea Selatan, Selasa (24/2/2015).

Keberadaan dan nasib Kim Kyong Hui (68) selama ini menjadi fokus pemberitaan setelah suaminya, Jang Song Taek dihukum mati pada akhir 2013 karena dituduh merencanakan makar dan melakukan korupsi.

Setelah lama tak terlihat di hadapan publik memunculkan spekulasi bahwa perempuan yang dulu sangat berkuasa ini jatuh sakit, bahkan salah satu media ternama Korea Selatan menduga Kyong Hui sudah meninggal dunia.

Namun, Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) membantah berbagai laporan yang menyebut Kyong Hui sudah meninggal dunia.

"Mereka (NIS) mengatakan dia masih hidup," kata Shin Kyoun-min seorang anggota parlemen setelah menggelar rapat dengan NIS, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kim Kyong Hui pernah memiliki pengaruh besar saat menjadi petinggi di masa pemerintahan Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un.

Kyong Hui dan suaminya juga berperan besar dalam memuluskan jalan keponakannya Kim Jong Un untuk menduduki tampuk pemerintahan Korea Utara sepeninggal Kim Jong Il.

Namun, kemudian Kim Jong Un menangkap dan mengeksekusi Jang Song Taek setelah dituduh berencana untuk menggulingkan pemerintah Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com