Kompas.com - 24/02/2015, 19:39 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com - Bibi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang lama absen dari publik sejak suaminya dieksekusi dikabarkan dalam keadaan hidup. Demikian dinas intelijen Korea Selatan, Selasa (24/2/2015).

Keberadaan dan nasib Kim Kyong Hui (68) selama ini menjadi fokus pemberitaan setelah suaminya, Jang Song Taek dihukum mati pada akhir 2013 karena dituduh merencanakan makar dan melakukan korupsi.

Setelah lama tak terlihat di hadapan publik memunculkan spekulasi bahwa perempuan yang dulu sangat berkuasa ini jatuh sakit, bahkan salah satu media ternama Korea Selatan menduga Kyong Hui sudah meninggal dunia.

Namun, Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) membantah berbagai laporan yang menyebut Kyong Hui sudah meninggal dunia.

"Mereka (NIS) mengatakan dia masih hidup," kata Shin Kyoun-min seorang anggota parlemen setelah menggelar rapat dengan NIS, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kim Kyong Hui pernah memiliki pengaruh besar saat menjadi petinggi di masa pemerintahan Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un.

Kyong Hui dan suaminya juga berperan besar dalam memuluskan jalan keponakannya Kim Jong Un untuk menduduki tampuk pemerintahan Korea Utara sepeninggal Kim Jong Il.

Namun, kemudian Kim Jong Un menangkap dan mengeksekusi Jang Song Taek setelah dituduh berencana untuk menggulingkan pemerintah Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.