Kompas.com - 17/02/2015, 23:07 WIB
EditorErvan Hardoko
HARARE, KOMPAS.com — Akhir bulan ini, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe akan merayakan ulang tahunnya yang ke-91. Layaknya pesta ulang tahun, maka berbagai jenis makanan akan tersedia untuk para tamu. Lalu apa menu makanan pada pesta ulang tahun Mugabe?

Jika berbicara pesta ulang tahun Robert Mugabe maka bisa dipastikan jauh dari kata biasa-biasa saja. Kabarnya, menu makanan ulang tahun sang penguasa Zimbabwe itu sangat bervariasi, termasuk daging singa, gajah, banteng, dan impala.

Untuk menyediakan menu daging hewan-hewan liar itu, diperkirakan membutuhkan biaya lebih dari 120.000 dollar AS atau lebih dari Rp 1,5 miliar.

Petani lokal, Tendai Musasa, menjanjikan akan menyumbang dua ekor gajah, dua ekor banteng, dua ekor musang, lima ekor impala, dan seekor singa untuk merayakan ulang tahun sang presiden yang jatuh pada 28 Februari mendatang. Demikian dikabarkan harian Chronicle.

"Ini adalah cara kami mendukung dan memastikan munculnya suasana perayaan di komunitas kami. Nilai sumbangan kami sekitar 120.000 dollar AS yang menunjukkan uang yang bisa kami peroleh dalam setahun dan kami kira ini adalah sebuah langkah yang tepat," kata Musasa.

"Saat ini kami tengah membicarakan hal ini dengan Otorita Taman Nasional dan Kehidupan Liar bagaimana cara mempersiapkan daging hewan-hewan itu beberapa hari sebelum acara. Kami juga menghubungi hotel untuk membicarakan masalah penyimpanan daging hewan-hewan ini," lanjut Musasa.

Ulang tahun ke-91 Mugabe akan dihelat besar-besaran dengan mengundang sekitar 20.000 orang ke kawasan liburan mewah Elephant Hill Resort.

Rencana menyajikan daging hewan liar dan langka untuk ulang tahun Mugabe mendapat kecaman dari kelompok-kelompok penyayang binatang.

"Saya tak mendukung siapa pun yang menyumbangkan hewan langka untuk keperluan pesta apa pun," kata ketua gugus tugas Konservasi Zimbabwe, Johnny Rodrigues.

"Mereka sudah melakukan hal ini bertahun-tahun. Setiap kali menggelar pesta atau merayakan hari kemerdekaan, beberapa ekor gajah dan banteng dibunuh. Perbuatan ini sungguh tidak etis dan tak bisa dibiarkan," tambah Rodrigues.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.