Kompas.com - 12/02/2015, 09:58 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.com — Cedera karena penggunaan sex toy (alat bantu seks) meningkat dua kali lipat sejak tahun 2007 di AS. Sebuah lonjakan besar terjadi tahun 2012 hingga 2013, setelah peluncuran novel-novel romantis erotis Fifty Shades of Grey.

Angka-angka tersebut merupakan perkiraan dari National Electronic Injury Surveillance System, yang melacak penerimaan korban cedera sejak tahun 1991. Demikian menurut laporan Washington Post yang dikutip The Telegraph, Rabu (11/2/2015).

Cedera-cedera itu terkait dengan "sejumlah perangkat pijat dan vibrator" yang penggunaannya awalnya rendah, tetapi mulai meningkat tajam sejak tahun 2005, saat sekitar 1.500 orang di seluruh AS mendapat perawatan karena cedera seks.

Laki-laki paruh baya merupakan yang paling banyak mengalami cedera tersebut. Pasien laki-laki mencapai 58 persen, dengan usia rata-rata dalam kelompok itu adalah 44 tahun. Sementara usia rata-rata bagi perempuan lebih muda, yaitu 30 tahun.

Pria tertua yang tercatat menjalani perawatan karena cedera seks berusia 85 tahun.

Washington Post melaporkan, ada peningkatan besar jumlah pasien cedera seks tahun 2012, ketika 2.500 orang mendapat perawatan karena cedera seks. Novel Fifty Shades of Grey pertama dirilis tahun 2011. Tidak ada bukti bahwa dua hal itu terkait, tetapi novel-novel jenis bondage-theme itu telah dibaca oleh puluhan juta orang.

Minggu lalu dilaporkan bahwa para pemilik toko peralatan seks di kedua sisi Atlantik telah menimbun cambuk, pleasure balls, dan tongkat dayung pemukul pantat demi mengantisipasi pemutaran perdana film Fifty Shades of Grey di layar lebar pada akhir pekan ini.

Pengecer Babeland di AS, yang memiliki 20 item merek Fifty Shades, telah menimbun peralatan penutup mata dan vibrator. "Kami siap untuk menanggapi (pemutaran film itu)," kata co-founder Babeland, Claire Cavanah, kepada AFP. Novel-novel tersebut telah memicu peningkatan penjualan sebesar 40 persen di Babeland cabang New York.

Neal Slateford, pemilik perusahaan Lovehoney di Inggris, yang bekerja sama dengan EL James untuk memproduksi berbagai item Fifty Shades resmi pada 2012, juga mengharapkan permintaan yang meningkat. "Kami telah mengalami lonjakan penjualan setelah trailer film itu dirilis yang memberikan kepada kami indikasi yang baik tentang bagaimana berpengaruhnya film tersebut."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.