Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Leonardo da Vinci Disita Polisi Swiss

Kompas.com - 12/02/2015, 02:03 WIB
KOMPAS.com - Polisi menyita sebuah lukisan karya Leonardo da Vinci dari suatu tempat penyimpanan bank Swiss sebagai bagian dari penyelidikan penggelapan pajak dan asuransi.

Perundingan untuk menjual potret Isabella D'Este seharga £88 juta atau Rp 172 miliar sudah pada tahap akhir, kata beberapa pejabat pengadilan di Italia.

Polisi pertama kali diberi tahu ketika seorang pengacara berusaha menjual karya seni tanpa izin ekspor yang seharusnya pada tahun 2013.

Tetapi, penyelidikan pendahuluan tidak berhasil menemukan karya seni tersebut.

Penyelidikan terpisah terhadap kejahatan penggelapan pajak dan asuransi mengungkap bukti yang pada akhirnya membuat polisi berhasil menemukan lukisan tersebut pada hari Senin (9/2/2015) di Lugano, dekat perbatasan Swiss-Italia.

Para penyelidik tidak memberikan rincian penangkapan pemilik lukisan atau jumlah orang yang sedang diselidiki atas dugaan terlibat komplotan penjualan barang seni secara gelap dan melakukan penggelapan asuransi.

Lukisan tersebut dipastikan buatan Leonardo da Vinci setelah dilakukan uji coba cahaya fluorescent.

Ahli lukisan Carlo Pedretti juga melakukan uji verifikasi lukisan wanita bangsawan zaman Renaissance dari permulaan abad ke-16 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com