Kompas.com - 10/02/2015, 09:56 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat (AS) menambahkan nama mantan rapper Jerman, Denis Cuspert, ke dalam daftar teroris terkait perannya sebagai milisi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Departemen Luar Negeri AS mengemukakan hal itu, Senin, (9/2/2015).

Pria 39 tahun itu, yang dulu seorang penyanyi rap di Berlin dan kini berganti nama menjadi Abu Thalhah al-Almani, merupakan salah satu petempur ISIS asal Barat yang paling terkenal. PBB sudah mencantumkan dia sebagai seorang pendukung Al Qaeda.

Dengan memasukkannya sebagai "teroris global", AS akan membekukan semua aset Cuspert yang berada di bawah kendali AS dan melarang semua transaksi dengan pria itu.

Menurut pihak AS, Cuspert bergabung dengan ISIS pada tahun 2012, dan telah muncul dalam sejumlah video yang berasal dari kelompok itu, termasuk dalam sebuah video pada November "ketika dia muncul sambil memegang kepala yang dia klaim milik seorang pria yang dieksekusi karena menentang ISIS."

Munculnya sejumlah milisi asing dalam jajaran ISIS telah mengkhawatirkan banyak negara Barat. "Cuspert merupakan simbol dari jenis rekrutan asing yang ISIS cari untuk jajarannya, orang yang telah terlibat kegiatan kriminal di negara asal mereka yang kemudian melakukan perjalanan ke Irak dan Suriah untuk melakukan kejahatan yang jauh lebih buruk terhadap rakyat di negara itu," kata Deplu AS.

Cuspert telah berjanji untuk bersumpah setia kepada pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, dan merupakan perekrut utama untuk milisi asal Jerman. Sejumlah jaksa di Jerman telah melancarkan penyelidikan terhadap Cuspert serta para milisi asing lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.