Kompas.com - 06/02/2015, 19:27 WIB
EditorErvan Hardoko
MOGADISHU, KOMPAS.com - Pemerintah Somalia, Jumat (6/1/2015), memastikan kematian salah seorang komandan Al-Shabab, Yusuf Dheeq akibat serangan drone AS di wilayah selatan negeri itu pekan lalu.

"Tewasnya para pemimpin teroris melalui serangan berisiko rendah namun tepat sasaran seperti ini, meningkatkan kesempatan untuk membawa perdamaian dan kestabilan di Somalia," demikian pernyataan resmi pemerintah Somalia.

Abdi Nur Mahdi atau lebih dikenal dengan nama Yusuf Dheeq tewas akibat tembakan rudah Hellfire dari sebuah drone AS pada Sabtu siang pekan lalu.

Dheeq merupakans eorang tokoh senior unit intelijen Al-Shabab, Amniyat, yang bertanggung jawab untuk menjalankan operasi eksternal dan perencanaan keamanan.

Pemerintah Somalia menyambut baik kematian Dheeq dan memperingatkan anggota Al-Shabab lainnya untuk menyerah dan meninggalkan kekerasan atau menghadapi serangan lebih lanjut.

"Bagi mereka yang memilih untuk melanjutkan jalan kekerasan dan kehancuran, ingatlah pemerintah dan sekutunya akan terus mengejar kalian dan jaringan kalian seperti yang sudah kami lakukan," lanjut pemerintah.

"Kami akan terus menyerang kalian hingga ancaman Al-Shabab terhadap Somalia dan seluruh kawasan dipastikan hilang," masih pernyataan pemerintah Somalia.

Kematian Yusuf Dheeq ini merupakan pukulan bagi Al-Shabab setelah pemimpin tertinggi kelompok itu Ahmed Abdi Godane juga tewas akibat serangan udara AS pada September lalu.

Terdapat sekitar 100 penasihat militer AS, terutama yang berasal dari pasukan khusus Green Beret, dikerahkan ke Somalia untuk membantu pemerintah negeri itu memerangi Al-Shabab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.