Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Komentar Anwar Ibrahim soal Iklan Robot yang Lecehkan Indonesia?

Kompas.com - 06/02/2015, 16:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia dan pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, menilai, hubungan Indonesia dengan Malaysia diwarnai sejumlah persepsi negatif terhadap satu sama lain.

Malaysia menilai Indonesia terlalu sensitif, sementara Indonesia menilai Malaysia arogan dan selalu menghina Indonesia. Contoh terakhir adalah keluarnya iklan robot penyedot debu yang memuat kata-kata, "Fire Your Indonesian Maid in Malaysia" atau "Pecat Pelayan Indonesiamu di Malaysia".

Menurut Anwar Ibrahim, Pemerintah Malaysia harusnya bertindak tegas dengan memerintahkan iklan itu ditarik. Selain itu, Pemerintah Malaysia juga harus meminta maaf kepada Indonesia.

Ketegasan dua pemerintah dituntut untuk mengatasi riak-riak kecil dalam hubungan Indonesia dan Malaysia agar tidak sampai meresahkan rakyat dua negara.

Presiden Joko Widodo dalam lawatannya pertama kali ke Malaysia diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini untuk menjaga dan meneruskan hubungan baik dua negara. Selama ini, hubungan Indonesia dan Malaysia "panas dingin" karena dipicu persoalan perbatasan wilayah, perebutan klaim atas sejumlah pulau, penganiayaan TKI, dan klaim-klaim Malaysia atas seni budaya Indonesia.

Komentar lengkap Anwar Ibrahim akan ditayangkan dalam wawancara khusus Kompas TV bersama Dentamira Kusuma di Kompas Petang, Jumat, 6 Februari 2015 pukul 16.30 WIB.

Anwar Ibrahim tengah melakukan kunjungan ke Indonesia untuk berbicara di Universitas Al Azhar, berkunjung ke pesantren di Ulujami, serta menemui sahabatnya, BJ Habibie. (Juanita Wiratmaja/Kompas TV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com