Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2015, 17:13 WIB
EditorErvan Hardoko
HARARE, KOMPAS.com — Presiden Zimbabwe Robert Mugabe tertangkap kamera terjatuh ketika menuruni podium setelah berpidato di hadapan pendukungnya. Namun, pasukan keamanan memerintahkan para fotografer menghapus foto memalukan itu.

Mugabe, yang akan berulang tahun ke-91 bulan ini, langsung dibantu berdiri oleh para pembantunya dan langsung diantar ke mobil limusin yang sudah menunggunya.

Pemimpin tertua di Afrika itu tampaknya salah menginjak anak tangga setelah menuruni podium yang disediakan di bandara setibanya dia dari Etiopia setelah menghadiri KTT Uni Afrika.

Di Addis Ababa, Etiopia, Presiden Mugabe terpilih menjadi Ketua Uni Afrika yang setiap setahun dirotasi untuk setiap pemimpin 54 negara anggota Uni Afrika.

Mugabe akan berulang tahun pada 21 Februari mendatang. Setiap Januari, Mugabe selalu berlibur ke Asia, termasuk ke Singapura, mengunjungi dokter langganannya untuk memeriksakan kesehatan matanya.

Zimbabwe pernah menjadi salah satu negara paling makmur di Afrika. Namun, negeri itu kini berjuang memperbaiki ekonominya setelah Mugabe memutuskan untuk menasionalisasi lahan-lahan pertanian yang dimiliki warga kulit putih pada 2000.

Sejumlah organisasi HAM menuding Mugabe melakukan kekerasan untuk memenangi sejumlah pemilu yang hasilnya banyak diragukan.

Sejak 2002, Uni Eropa menjatuhkan sanksi terhadap Zimbabwe terkait dugaan kecurangan pemilu. Sejumlah pejabat Zimbabwe dilarang bepergian ke Eropa serta membekukan aset puluhan pejabat dan pengusaha negeri itu.

Sanksi terhadap Zimbabwe perlahan-lahan mulai dicabut secara bertahap untuk mendorong reformasi di negeri itu. Meski demikian, Mugabe dan istrinya, Grace, tetap berada dalam daftar hitam Uni Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.