Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kecam Semua Pemimpin yang Bertemu Dalai Lama

Kompas.com - 02/02/2015, 16:02 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China, Senin (2/2/2015), mengatakan menentang semua negara yang bertemu dengan Dalai Lama "dalam segala bentuk". Pernyataan itu keluar setelah Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Barack Obama akan menghadiri sebuah ajang yang dihadiri Dalai Lama di Washington DC.

Menteri Luar Negeri China Hong Lei lebih jauh menyerukan agar Pemerintah Amerika Serikat menangani misi ini sesuai dengan kepentingan hubungan AS-China.

"China menentang setiap pemerintahan yang menggunakan isu Tibet untuk mencampuri urusan dalam negeri China dan menentang setiap pemimpin negara yang bertemu dengan Dalai Lama dalam bentuk apa pun," ujar Hong.

"China berharap AS menepati janjinya terkait isu Tibet, dan menangani isu ini dalam dasar kondisi keseluruhan hubungan bilateral," tambah Hong.

Pekan lalu, Gedung Putih mengatakan, Presiden Obama akan menyampaikan pidato dalam acara doa pagi bersama untuk mendukung kebebasan beragama yang digelar pada 5 Februari mendatang. Dalai Lama dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Pemerintah China menyebut Dalai Lama sebagai seorang separatis berbahaya yang mencoba mendirikan Tibet yang merdeka dari China.

Peraih hadiah Nobel perdamaian yang terpaksa kabur ke India setelah pemberontakan gagal melawan China pada 1959 itu mengatakan, dia hanya menginginkan otonomi Tibet dan membantah telah mempromosikan kekerasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com