Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Pilot yang Jadi Sandera ISIS Minta Tuntutan ISIS Dipenuhi

Kompas.com - 29/01/2015, 07:18 WIB

KOMPAS.com - Keluarga pilot asal Jordania yang disandera oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memperkuat tekanan ke pemerintah Jordania untuk melakukan apa saja untuk menyelamatkan pilot bernama Mu'ath al-Kaseasbeh.

Lobi-lobi keluarga pilot Jordania semakin gencar setelah kelompok ISIS mengancam akan membunuh sang pilot. Ancaman ISIS itu dikeluarkan lewat video.

Selain itu, ISIS juga mengancam akan membunuh seorang sandera Jepang, Kenji Gito, dalam waktu 24 jam bila Jordania tidak membebaskan seorang perempuan Irak yang ditahan Yordania.

"Pemerintah harus bekerja lebih serius dan mencari jalan menghubungi Negara Islam, jalan yang ditempuh untuk membebaskan putranya, seperti yang dilakukan pemerintah Jepang," kata Safi al-Kaseasbeh, ayah Mu'ath.

Sebelumnya, Jordania menyatakan bersedia menyerahkan Sajida al-Rishawi, perempuan Irak yang dijatuhi hukuman mati karena keterlibatannya dalam pengeboman di Amman pada 2005.

Namun, seorang paman Mu'ath al-Kaseasbeh mengatakan ia telah menerima jawaban dari ISIS yang menolak tawaran dan akan membunuh sang pilot hari Kamis (29/01).

Ayah Muath dan istrinya telah bertemu dengan raja Jordania sementara anggota kerabat mereka menggelar protes di depan istana.

Jepang dan Jordania bekerja bersama untuk membebaskan kedua sandera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com