Kompas.com - 26/01/2015, 19:26 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIRUT, KOMPAS.com - Para pejuang Kurdi Suriah berhasil mengusir pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dari kota Kobani yang terletak di perbatasan Suriah-Turki setelah pertempuran brutal selama empat bulan. Demikian Lembaga Pemantau HAM Suriah mengabarkan, Senin (26/1/2015).

Direktur lembaga ini, Rami Abdel Rahman mengatakan, para perjuang Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) kini mengendalikan sepenuhnya kota Kobani setelah berhasil memukul mundur pasukan ISIS.

"Pasukan Kurdi kini mengejar sisa-sisa pasukan ISIS di pingiran timur kota Kobani, namun di dalam kota sudah tak ada lagi pertempuran," Rami Abdel Rahman.

Kegagalan merebut Kobani atau yang dalam bahasa Arab disebut dengan nama Ain al-Arab itu merupakan pukulan besar bagi ISIS yang harus kehilangan lebih dari 1.000 anggotanya dalam perebutan kota perbatasan itu sejak 16 September 2014.

Pada awalnya, ISIS terlihat akan dengan mudah menguasai kota perbatasan itu karena memiliki persenjataan lebih baik dan didukung ribuan pejuang lokal dan asing.

Namun, para pejuang Kurdi Suriah yang didukung pejuang Peshmerga Irak dan serangan udara koalisi pimpinan AS perlahan-lahan berhasil menahan dan memukul mundur ISIS.

Sejumlah pengamat mengatakan kekalahan di Kobani ini bisa mengakibatkan gagalnya rencana ISIS untuk menguasai seluruh wilayah Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.