Kompas.com - 22/01/2015, 17:38 WIB
EditorErvan Hardoko
DONETSK, KOMPAS.com — Sebuah tembakan meriam menghantam sebuah bus listrik di kota Donestk, Ukraina, Kamis (22/1/2015), menewaskan sedikitnya 13 orang. Demikian seorang pejabat Ukraina menjelaskan beberapa jam seusai pembicaraan di Berlin menyerukan gencatan senjata.

"Sebanyak 12 orang tewas di dalam sebuah bus listrik dan seorang lagi di dalam sebuah mobil yang kebetulan melintas. Belasan orang lain juga terluka," ujar seorang pejabat kota Donetsk, kubu terkuat pemberontak pro-Rusia.

Tembakan meriam menghujani sebuah kawasan di dekat Bandara Donetsk sejak Rabu (21/1/2015) malam. Kawasan yang ditembaki itu merupakan pusat bentrokan dalam beberapa hari terakhir.

"Pada Rabu malam itu, tembakan meriam juga menghantam sebuah bus lainnya dan menewaskan seorang warga," kata Ivan Prikodho, salah seorang pejabat kota Donetsk.

Aksi kekerasan yang terjadi pada Kamis ini muncul beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Ukraina, Jerman, dan Perancis berunding di Berlin dan sukses menghasilkan kesepakatan gencatan senjata.

Namun, pertemuan di Berlin itu sejauh ini hanya berhasil mencapai kesepakatan penghentian tembak-menembak dan belum berhasil menelurkan hasil signifikan untuk menyudahi pertumpahan darah yang sejak April 2014 sudah menewaskan sedikitnya 4.800 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.