Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemar "Bully" Pegawai, Seorang Wali Kota di Australia Diusir dari Kantornya

Kompas.com - 22/01/2015, 17:16 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Allen McKay, wali kota Litchfield di negara bagian Northern Territory, Australia, diusir dari kantornya akibat gemar mem-bully pegawainya. Surat pengusiran dikeluarkan pihak balai kota sejak akhir Desember lalu.

Walikota McKay kepada ABC, Kamis (22/1/2015), mengakui dilarang mendekati kantornya di balai kota setelah menerima surat peringatan larangan masuk tanpa izin (trespass notice) tersebut.

Surat itu terbit menyusul tuduhan bahwa pejabat nomor satu di kota yang terletak di tenggara Darwin ini suka mem-bully pegawainya sendiri serta seorang sesepuh di balai kota. McKay yang terpilih menjadi walikota sejak tahun 2012, membantah tuduhan ini.

Menurut dia, anggota dewan kota lainnya tidak lagi mau bicara dengannya. "Saya mengirim email kepada mereka tapi tidak satu pun yang membalas," katanya.

Ia bersikukuh tuduhan terhadap dirinya sama sekali belum terbukti.  Wali kota Allen McKay dilarang mendekati kantornya karena dituduh suka membully pegawai.

Mathew Salter, seorang tokoh senior di balai kota Litchfield, membenarkan bahwa wali kota telah diberi surat larangan masuk ke gedung balaikota.

Namun Mathew bersama tiga tokoh senior lainnya telah sepakat untuk sementara akan membiarkan Walikota McKay datang ke balai kota selama tiga jam jika memang dia harus menghadiri sebuah acara atau rapat. "Allen diizinkan datang malam ini untuk rapat," kata Mathew.

Mathew mengaku pernah di-bully  Walikota Mckay sekitar lima bulan lalu.

"Allen sangat pandai menarik simpati untuk dirinya sendiri, Namun realitanya adalah, dia suka sekali membully orang lain," ujar Mathew

Sejak April 2014, wali kota McKay telah mendapat mosi tidak percaya dari pihak Dewan Kota. Di bulan Juli, ia diberi kesempatan untuk memperbaiki diri termasuk perilaku bullynya.

"Dia perlu mendengarkan segala nasehat yang diberikan kepadanya. Tidak ada yang bisa menolong dia selain dirinya sendiri," tambah Mathew Salter.

Sebuah laporan media lokal menyebut Walikota McKay mendesak Menteri Urusan Pemerintahan Lokal untuk memecat seluruh anggota Dewan Kotanya sendiri. Namun kepada ABC ia tidak bersedia mengulangi permintaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com