Kompas.com - 20/01/2015, 22:19 WIB
EditorErvan Hardoko
SOFIA, KOMPAS.com — Sebuah pengadilan di Bulgaria, Selasa (20/1/2015), menyatakan, pria Perancis yang mengaku mengenal para penyerang majalah Charlie Hebdo tetapi menolak disebut anggota kelompok ekstremis akan diekstradisi menyusul surat perintah penahanan dari Paris.

Fritz-Joly Joachin (29) ditahan pada 1 Januari lalu saat mencoba melintasi perbatasan Bulgaria menuju ke Turki. Di hadapan pengadilan Haskovo, wilayah selatan Bulgaria, pria itu mengaku tak bersalah. "Saya tak bersalah. Saya ingin kembali ke Perancis," kata Joachin di hadapan sidang pengadilan.

Hakim Stratimir Dimitrov mengatakan bahwa Joachin akan tetap ditahan hingga proses ekstradisinya ke Perancis selesai.

Pekan lalu, dia mengatakan pernah bermain sepak bola dengan Cherif dan Said Kouachi dan memiliki hubungan bisnis jual beli pakaian dengan keduanya. Namun, Joachin menolak tudingan dia mengetahui rencana dua saudara itu menyerang Charlie Hebdo.

Berdasarkan surat penahanan yang diterbitkan Pemerintah Perancis, saat Joachin ditangkap, dia tengah bepergian menumpang bus dengan tiga orang lainnya yang juga mengenal Kouachi bersaudara. Ketiga orang lainnya tidak ditangkap dan diizinkan melanjutkan perjalanan ke Turki.

Ternyata, salah satu rekan seperjalanan Joachin, Cheikhou Diakhaby, kemudian diketahui telah ditahan aparat keamanan Turki pada 2 Januari, juga atas surat penahanan yang diterbitkan Perancis. Pria itu juga akan diekstradisi ke Perancis dalam beberapa hari mendatang.

Diakhaby pernah ditahan ketika ikut bertempur melawan pasukan AS di Irak pada 2004 dan menjalani hukuman penjara selama tujuh tahun di Irak sebelum dipulangkan ke Perancis pada 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.