Kompas.com - 19/01/2015, 22:31 WIB
EditorErvan Hardoko
GROZNY, KOMPAS.com — Puluhan ribu orang, Senin (19/1/2015), berkumpul di kota Grozny, Chechnya, untuk menggelar unjuk rasa memprotes kartun Nabi Muhammad yang kembali diterbitkan dalam edisi terbaru majalah satire Perancis, Charlie Hebdo.

"Ini adalah protes terhadap mereka yang mendukung publikasi karikatur Nabi Muhammad. Ini adalah protes terhadap mereka yang menghina Islam," kata pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov.

Kadyrov, yang dikenal sebagai loyalis Presiden Rusia Vladimir Putin, sebelumnya mengatakan, ratusan ribu orang akan hadir dalam unjuk rasa yang disiarkan langsung televisi nasional Rusia.

Aksi unjuk rasa di Chechnya ini menambah panjang daftar aksi serupa yang digelar di berbagai negara Muslim.

Dalam edisi terbaru yang terbit sepekan setelah kantor majalah itu diserang, karikatur Nabi Muhammad kembali muncul di sampul Charlie Hebdo.

Otoritas pengawas media Rusia, Rozkomnadzor, sudah memperingatkan agar media tidak menerbitkan ulang karikatur Charlie Hebdo itu karena melanggar hukum negara dan etika.

Rozkomnadzor mengatakan, media yang memublikasikan karikatur Nabi Muhammad bisa dianggap melakukan penghinaan etnis dan memicu kebencian terhadap agama tertentu yang terancam sanksi yang diatur dalam undang-undang anti-ekstremisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.