Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu Warga Chechnya Gelar Unjuk Rasa Kecam "Charlie Hebdo"

Kompas.com - 19/01/2015, 22:31 WIB
GROZNY, KOMPAS.com — Puluhan ribu orang, Senin (19/1/2015), berkumpul di kota Grozny, Chechnya, untuk menggelar unjuk rasa memprotes kartun Nabi Muhammad yang kembali diterbitkan dalam edisi terbaru majalah satire Perancis, Charlie Hebdo.

"Ini adalah protes terhadap mereka yang mendukung publikasi karikatur Nabi Muhammad. Ini adalah protes terhadap mereka yang menghina Islam," kata pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov.

Kadyrov, yang dikenal sebagai loyalis Presiden Rusia Vladimir Putin, sebelumnya mengatakan, ratusan ribu orang akan hadir dalam unjuk rasa yang disiarkan langsung televisi nasional Rusia.

Aksi unjuk rasa di Chechnya ini menambah panjang daftar aksi serupa yang digelar di berbagai negara Muslim.

Dalam edisi terbaru yang terbit sepekan setelah kantor majalah itu diserang, karikatur Nabi Muhammad kembali muncul di sampul Charlie Hebdo.

Otoritas pengawas media Rusia, Rozkomnadzor, sudah memperingatkan agar media tidak menerbitkan ulang karikatur Charlie Hebdo itu karena melanggar hukum negara dan etika.

Rozkomnadzor mengatakan, media yang memublikasikan karikatur Nabi Muhammad bisa dianggap melakukan penghinaan etnis dan memicu kebencian terhadap agama tertentu yang terancam sanksi yang diatur dalam undang-undang anti-ekstremisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com