Kompas.com - 19/01/2015, 16:56 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Personel penjaga perbatasan di wilayah China selatan menembak mati dua warga minoritas Muslim Uighur ketika mereka berusaha menyeberang ke wilayah Vietnam.

Dua orang itu merupakan bagian dari satu kelompok warga yang berusaha melintasi perbatasan secara gelap ke Vietnam melalui kota perbatasan Pingxiang, Provinsi Guangxi. Demikian dilaporkan media pemerintah.

Kantor berita milik pemerintah, China News Service, melaporkan bahwa sekelompok warga Uighur dari Xinjiang terlibat "konflik" dengan polisi di sebuah gardu tol, Minggu (18/1/2015) malam.

Polisi menggunakan dua unit mobil untuk mengepung kendaraan yang digunakan warga Uighur tersebut. Warga Uighur itu dilaporkan menolak ketika hendak akan ditangkap.

Dua orang tewas ditembak, sedangkan satu orang lagi melarikan diri ke kawasan permukiman di sekitarnya. Para pejabat menuduh mereka menyerang personel penjaga perbatasan dengan pisau.

Pemerintah China berusaha membendung keluarnya warga Uighur ke negara-negara Asia Tenggara, menyusul meningkatnya kekerasan antara kelompok Uighur dan kelompok Han.

China khawatir kelompok Uighur akan menjalin hubungan dengan kelompok Islam ekstrem di luar negeri. Namun, kelompok-kelompok Uighur menandaskan mereka hanya berusaha melarikan diri dari penindasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.