Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 18/01/2015, 11:11 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com — Dua pelaku penyerangan kantor majalah satire Charlie Hebdo, Cherif dan Said Kouachi, secara diam-diam telah dikebumikan tanpa nisan.

Said Kouachi ternyata telah dimakamkan di kota Reims, tempat dia tinggal selama ini, Jumat (16/1/2015). Pada awalnya, rencana pemakaman Said Kouachi ini sempat ditolak oleh Wali Kota Reims.

Wali Kota Reims Arnaud Robinet sebelumnya mengatakan, dia pada dasarnya "menolak" untuk menerima jasad Said untuk dimakamkan di kota itu setelah keluarga pria itu mengajukan permohonan.

Arnaud khawatir, makam Said Kouachi akan menjadi tempat pemujaan bagi kelompok-kelompok militan yang memiliki cara pandang yang sama dengan pria tersebut.

Namun, pada Sabtu (17/1/2015), Arnaud mengatakan, dia dipaksa Pemerintah Perancis untuk menerima permohonan pemakaman Said Kouachi di Reims.

"Akibat kemungkinan adanya risiko gangguan keamanan dan dalam upaya untuk menutup lembaran episode tragis itu, kami memutuskan untuk melakukan pemakaman dengan cepat," ujar Arnaud.

Kuasa hukum Said Kouachi mengatakan, istri Said tidak menghadiri pemakaman karena khawatir para wartawan akan mengetahui lokasi makam suaminya dengan membuntutinya.

Sementara itu, Cherif Kouachi akan dimakamkan di kota kelahirannya Gennevilliers, tak jauh dari Paris. Sementara itu, sejauh ini belum ada kabar mengenai pemakaman Amedy Coulibaly, penyandera toko serba ada Yahudi, pekan lalu.

Dalam drama penyanderaan itu, Coulibaly menewaskan empat sanderanya dan juga diduga menembak mati seorang wanita polisi di Paris, sehari sebelumnya. Coulibaly sendiri akhirnya tewas di tangan pasukan khusus kepolisian Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke