Kompas.com - 16/01/2015, 22:10 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Jumat (16/1/2015), menyerukan kepada para pemimpin Filipina untuk memberantas korupsi dan mengakhiri ketidaksetaraan sosial, dalam hari kedua kunjungannya ke Filipina.

Dalam upacara penyambutan yang diselenggarakan di istana kepresidenan oleh Presiden Benigno Aquino, Paus meminta para pemimpin negeri itu "untuk menolak semua bentuk korupsi yang mengalihkan dana yang seharusnya diberikan kepada kaum miskin" dan untuk berusaha bersama-sama guna memastikan tidak adanya kaum yang tersisihkan.

"Sekarang saatnya bagi para pemimpin politik untuk menjunjung tinggi kejujuran, integritas dan komitmen untuk kebaikan bersama," kata Paus pada hari kedua kunjungannya di negara yang penduduknya mayoritas beragama Katolik itu.

Paus Fransiskus menambahkan bahwa umat Kristen memiliki kewajiban untuk "memutuskan ikatan ketidakadilan dan penindasan yang menyebabkan meningkatnya ketidaksetaraan sosial".

Namun, Presiden Aquino yang duduk di samping Paus mengatakan bahwa gereja Katolik sendiri dahulu bungkam ketika penyelewengan dilakukan salah satu presiden pendahulunya.

Acara besar yang menandai kunjungan Paus ini akan diadakan pada Minggu (18/1/2016) saat diselenggarakannya misa di ruang terbuka yang diperkirakan akan mengundang jutaan orang.

Paus juga akan mengunjungi kota Tacloban yang baru-baru ini menjadi korban serangan badai pada Sabtu (17/1/2015). Paus Fransiskus saat ini tengah melakukan kunjungan enam hari ke Asia. Sebelumnya ia mengunjungi Sri Lanka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.