Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Orang Ditahan dalam Operasi Antiteror di Perancis dan Jerman

Kompas.com - 16/01/2015, 16:13 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Kepolisian Paris, Jumat (16/1/2015), menutup dan mengevakuasi warga dari stasiun kereta api Gare de l'Est setelah tempat itu diancam bom.

Seorang perwira polisi mengatakan, penutupan stasiun itu adalah sebuah antisipasi menghadapi ancaman teror. Namun, perwira polisi itu tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Stasiun kereta api Gare de l'Est adalah satu dari beberapa stasiun kereta api utama di Paris yang menghubungkan ibu kota Perancis itu dengan kota-kota di wilayah timur negeri itu dan negara-negara di sebelah timur Perancis.

Sementara itu, kejaksaan agung Perancis mengatakan, 10 orang ditahan dalam sejumlah penggerebekan terhadap para tersangka teroris di berbagai wilayah negeri itu. Penggerebekan tersebut dilakukan terhadap orang-orang yang diduga memiliki kaitan dengan para penyerang yang terlibat dalam aksi teror mematikan di Paris pekan lalu.

Juru bicara kejaksaan Agnes Thibault-Lecuivre mengatakan, penggerebekan itu berlangsung sejak Kamis malam hingga Jumat pagi di tiga kota. Kejaksaan menegaskan, penggerebekan di sekitar Paris terkait dengan Amedy Coulibaly, pelaku penyanderaan toserba Yahudi di Paris yang menewaskan empat orang.

Operasi antiteror juga digelar di Jerman, di mana lebih dari 200 personel kepolisian menggerebek sel-sel kelompok militan di sekitar ibu kota Berlin, Jumat dini hari. Kepolisian Jerman mengatakan, operasi itu berhasil menahan seorang pemimpin kelompok militan yang berencana melakukan serangan di Suriah.

Tersangka yang ditahan itu adalah seorang pria keturunan Turki berusia 41 tahun dan diduga memimpin sebuah kelompok ekstremis Islam yang beranggotakan warga Turki dan Rusia, khususnya yang berasal dari wilayah bergolak Chechnya dan Dagestan.

Sejauh ini kepolisian Jerman menegaskan belum menemukan bukti kelompok yang digerebek itu berencana melakukan serangan teror di dalam wilayah Jerman.

Pemerintah sejumlah negara Eropa kini dalam keadaan siaga setelah aksi teror di Perancis pekan lalu menewaskan 17 orang disusul operasi antiteror di Belgia yang menewaskan sedikitnya dua orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com