Kompas.com - 16/01/2015, 16:13 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com — Kepolisian Paris, Jumat (16/1/2015), menutup dan mengevakuasi warga dari stasiun kereta api Gare de l'Est setelah tempat itu diancam bom.

Seorang perwira polisi mengatakan, penutupan stasiun itu adalah sebuah antisipasi menghadapi ancaman teror. Namun, perwira polisi itu tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Stasiun kereta api Gare de l'Est adalah satu dari beberapa stasiun kereta api utama di Paris yang menghubungkan ibu kota Perancis itu dengan kota-kota di wilayah timur negeri itu dan negara-negara di sebelah timur Perancis.

Sementara itu, kejaksaan agung Perancis mengatakan, 10 orang ditahan dalam sejumlah penggerebekan terhadap para tersangka teroris di berbagai wilayah negeri itu. Penggerebekan tersebut dilakukan terhadap orang-orang yang diduga memiliki kaitan dengan para penyerang yang terlibat dalam aksi teror mematikan di Paris pekan lalu.

Juru bicara kejaksaan Agnes Thibault-Lecuivre mengatakan, penggerebekan itu berlangsung sejak Kamis malam hingga Jumat pagi di tiga kota. Kejaksaan menegaskan, penggerebekan di sekitar Paris terkait dengan Amedy Coulibaly, pelaku penyanderaan toserba Yahudi di Paris yang menewaskan empat orang.

Operasi antiteror juga digelar di Jerman, di mana lebih dari 200 personel kepolisian menggerebek sel-sel kelompok militan di sekitar ibu kota Berlin, Jumat dini hari. Kepolisian Jerman mengatakan, operasi itu berhasil menahan seorang pemimpin kelompok militan yang berencana melakukan serangan di Suriah.

Tersangka yang ditahan itu adalah seorang pria keturunan Turki berusia 41 tahun dan diduga memimpin sebuah kelompok ekstremis Islam yang beranggotakan warga Turki dan Rusia, khususnya yang berasal dari wilayah bergolak Chechnya dan Dagestan.

Sejauh ini kepolisian Jerman menegaskan belum menemukan bukti kelompok yang digerebek itu berencana melakukan serangan teror di dalam wilayah Jerman.

Pemerintah sejumlah negara Eropa kini dalam keadaan siaga setelah aksi teror di Perancis pekan lalu menewaskan 17 orang disusul operasi antiteror di Belgia yang menewaskan sedikitnya dua orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.