Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paraguay Tahan 80 Pekerja Judi "Online" Asal Taiwan

Kompas.com - 16/01/2015, 08:43 WIB
ASUNCION, KOMPAS.com - Sebanyak 80 orang asal Taiwan yang diduga bekerja dalam perjudian ilegal ditahan polisi di Paraguay, kata seorang penyidik, Kamis (15/1/2015) waktu setempat. Dari jumlah itu, 57 orang pria dan sisanya perempaun. Mereka diyakini telah dieksploitasi secara ilegal sebagai pekerja di sebuah jaringan perdagangan manusia dan narkoba.

"Mereka tinggal di tempat yang tertutup, sempit dan dieksploitasi. Mereka kelelahan dan bingung," kata Alfredo Acosta, penyidik yang bertanggung jawab atas investagasi itu. "Kami menduga bahwa mereka bekerja dalam perjudian online China. Jadwal kerja mereka pada malam dan pagi hari, tepatnya pada jam kerja di China."

Dia mengatakan, pemerintah sedang mencari orang-orang yang bertanggung jawab yang membawa para pekerja ilegal itu ke Paraguay. Salah seorang tersangka, Ching Waing Lang (35 tahun), telah ditangkap.

Polisi menggerebek dua rumah di Ciudad del Este, di perbatasan dengan Brasil, pada Rabu malam hingga Kamis. Di tempat itu polisi menemukan para pekerja Taiwan tersebut, yang bekerja dengan menggunakan komputer dan berbagai perangkat IT.

"Mereka bahkan mungkin dipaksa minum obat-obatan tertentu agar tetap terjaga di jam-jam tertentu," kata Acosta.

Berdasarkan dokumen yang mengidentifikasi mereka, para pekerja itu singgah di sejumlah negara lain sebelum datang ke Paraguay, di mana sebagian besar mereka tiba sebagai wisatawan pada 14 hingga 29 November. "Tak satu pun dari mereka bisa berbicara bahasa Spanyol, Portugis atau Inggris," kata Acosta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com