Kompas.com - 15/01/2015, 07:45 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Istri Raif Badawi, penulis blog Arab Saudi yang dijatuhi hukuman penjara sepuluh tahun dan 1.000 kali dicambuk karena ikut mendirikan "Jaringan Saudi Liberal", menyamakan Saudi dengan pelaku serangan terhadap majalah satire Perancis, Charlie Hebdo.

Ensar Haidar secara khusus mempersoalkan tindakan Saudi yang mencambuk suaminya di depan umum.

Pelaksanaan hukum cambuk terhadap Badawi dimulai Jumat (9/1/2015) pekan lalu ketika Badawi dibawa ke satu lapangan terbuka dan dicambuk 50 kali.

Pelaksanaan hukum cambuk untuk Badawi tidak dilakukan sekaligus.

Haidar menyampaikan pernyataan ini di Kanada, negara yang memberinya suaka.

Ia juga menyamakan tindakan Saudi ini dengan kelompok yang menamakan diri Negara Islam, yang dulu dikenal dengan ISIS, dan mempertanyakan bagaimana bisa negara seperti Saudi menjadi mitra Barat yang memerangi ISIS.

"Bagaimana ini bisa terjadi? Mungkin konteksnya berbeda ... tapi (tindakan mencambuk Badawi) sama (dengan tindakan ISIS)," kata Haidar dalam wawancara dengan BBC.

"Mencambuk Raif bertentangan nilai-nilai kemanusiaan. Ini tindakan yang tidak beradab," kata Haidar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.