Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harian Ternama Turki Cetak Edisi Terbaru "Charlie Hebdo"

Kompas.com - 14/01/2015, 21:13 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com — Sebuah harian ternama Turki, Rabu (14/1/2015), mencetak beberapa bagian dari edisi terbaru majalah satire Charlie Hebdo, meski sampul majalah ini kembali memicu kecaman dari negara-negara Islam.

Harian Cumhuriyet, yang dikenal berseberangan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, merupakan satu-satunya media di negeri yang mayoritas penduduknya beragama Islam yang menerbitkan ulang kartun dan artikel dari edisi terbaru Charlie Hebdo.

Pemimpin redaksi harian Cumhuriyet, Utku Cakirozer, menggambarkan penerbitan edisi khusus Charlie Hebdo sebanyak empat halaman itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas sebab beberapa jurnalis Cumhuriyet juga menjadi korban pembunuhan pada masa lalu.

"Kami sangat peduli dan menghormati kesensitifan agama dan kebebasan keyakinan di dalam masyarakat kami, tak hanya di antara Muslim, tetapi juga umat Kristen, Yahudi, dan mereka yang memilih untuk tak beragama," ujar Cakirozer dalam sebuah jumpa pers di Istanbul.

Cakirozer menambahkan, harian yang dipimpinnya itu mengutip sejumlah artikel Charlie Hebdo, tetapi tidak memuat sampul majalah itu, yang kembali memuat kartun Nabi Muhammad.

"Kami bertindak sangat hati-hati. Sebagai contoh, kami tidak mencetak kartun di sampul Charlie Hebdo," ujar Cakirozer.

Namun, versi kecil kartun di sampul Charlie Hebdo muncul dua kali untuk melengkapi kolom para kolumnis Cumhuriyet, Hikmet Cetinkaya dan Ceyda Karan.

Sementara itu, ruas jalan tempat kantor redaksi Cumhuriyet saat ini ditutup. Sepasukan polisi khusus dan kendaraan taktis tampak berjaga-jaga.

Penjagaan ketat juga terlihat di kantor pusat Cumhuriyet di ibu kota Ankara. Polisi bahkan sudah mempersiapkan sejumlah mobil meriam air sebagai antisipasi munculnya aksi unjuk rasa.

Harian Cumhuriyet berdiri pada 1924 di bawah perintah pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk. Harian ini menyebut diri sebagai pembela nilai-nilai sekulerisme yang dipromosikan Kemal Ataturk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com