Kompas.com - 14/01/2015, 18:51 WIB
EditorErvan Hardoko
SANAA, KOMPAS.com - Kelompok militan Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) yang berbasis di Yaman, Rabu (14/1/2015), mengklaim menjadi dalang serangan maut ke kantor majalah satir Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang pekan lalu.

Salah satu komandan senior AQAP mengatakan aksi itu adalah pembalasan atas penghinaan majalah mingguan itu terhadap Nabi Muhammad dan agama Islam. Klaim itu disampaikan AQAP lewat video yang menampilkan salah seorang komandan seniornya Nasr al-Ansi, yang diunggah lewat akun Twitter kelompok itu.

Dalam video berdurasi 11 menit itu, Al-Ansi mengatakan serangan terhadap Charlie Hebdo yang menewaskan  sejumlah jurnalis dan kartunis termasuk pemimpin redaksi, adalah pembalasan untuk penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Al-Ansi menambahkan AQAP menentukan sasaran, merencanakan serangan dan mendanai operasi tersebut. Namun, dalam video itu Al-Ansi tak memberikan bukti apapun yang mendukung klaim tersebut.

Masih dalam video yang sama Al-Ansi memuji aksi yang dilakukan Cherif dan Said Kouachi yang disebutnya sebagai para pahlawan.

"Selamat bagi negara-negara Islam, karena pembalasan ini sudah menghilangkan rasa sakit yang kita alami. Dua orang pemberani ini menghapuskan debu kenistaan dan menyalakan obor kemenangan di tengah kegelapan," ujar Al-Ansi.

Al-Ansi juga menuding Perancis sebagai bagian dari "partai setan" dan mengatakan negeri itu harus menanggung semua kejahatan AS terhadap Islam, merujuk keterlibatan militer Perancis di Mali.

Selain itu Al-Ansi juga memperingatkan bahwa di masa depan masih akan terjadi lebih banyak tragedi dan teror untuk Perancis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.