Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Yaman Klaim Dalangi Serangan "Charlie Hebdo"

Kompas.com - 14/01/2015, 18:51 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Kelompok militan Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) yang berbasis di Yaman, Rabu (14/1/2015), mengklaim menjadi dalang serangan maut ke kantor majalah satir Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang pekan lalu.

Salah satu komandan senior AQAP mengatakan aksi itu adalah pembalasan atas penghinaan majalah mingguan itu terhadap Nabi Muhammad dan agama Islam. Klaim itu disampaikan AQAP lewat video yang menampilkan salah seorang komandan seniornya Nasr al-Ansi, yang diunggah lewat akun Twitter kelompok itu.

Dalam video berdurasi 11 menit itu, Al-Ansi mengatakan serangan terhadap Charlie Hebdo yang menewaskan  sejumlah jurnalis dan kartunis termasuk pemimpin redaksi, adalah pembalasan untuk penghinaan terhadap Nabi Muhammad.

Al-Ansi menambahkan AQAP menentukan sasaran, merencanakan serangan dan mendanai operasi tersebut. Namun, dalam video itu Al-Ansi tak memberikan bukti apapun yang mendukung klaim tersebut.

Masih dalam video yang sama Al-Ansi memuji aksi yang dilakukan Cherif dan Said Kouachi yang disebutnya sebagai para pahlawan.

"Selamat bagi negara-negara Islam, karena pembalasan ini sudah menghilangkan rasa sakit yang kita alami. Dua orang pemberani ini menghapuskan debu kenistaan dan menyalakan obor kemenangan di tengah kegelapan," ujar Al-Ansi.

Al-Ansi juga menuding Perancis sebagai bagian dari "partai setan" dan mengatakan negeri itu harus menanggung semua kejahatan AS terhadap Islam, merujuk keterlibatan militer Perancis di Mali.

Selain itu Al-Ansi juga memperingatkan bahwa di masa depan masih akan terjadi lebih banyak tragedi dan teror untuk Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com